Cerita Bosnia 2: Sarajevo a Little Yerusalem in Europe

1200px-Bosanska_Krupa_Churches

Pagi ini, tiba tiba ada keinginan untuk jogging bareng keluarga. syukurlah udara gak begitu dingin cukup dengan kaos dan training dengan semangat siap untuk jogging ke semua sudut kota sarajevo.  Berawal dari menyebrangi jembatan kecil yang dipenuhi pedagang kaki lima berjualan souvenir diatas sungai utama kota sarajevo yaitu Miljacka disanalah tujuan kita yaitu old town atau bascarsija.

Alhamdulilah, beberapa hari saja,  saya sudah hafal Sarajevo dengan pembagian kotanya yaitu old town dan new town.  Wilayah kami menginap adalah di dekat old town sarajevo, mudah membedakannya bila di old town berisi gedung gedung tua situs bersejarah, jalan jalan yang sempit dan terlihat semuanya lebih rapat. sementara new town, menilik namanya daerah baru lebih lapang dengan gedung gedung modernnya. Saya melihat semua ada plus minusnya untuk seseorang memilih untuk tinggal diantara keduanya.

Balik lagi kita bicara tentang old town. kala jogging itulah saya menikmati wilayah ini bermula dari situs kuno yaitu Taslihan dari pemerintahan Bosnia dibawah Gazi Husref. Situs ini dibangun tahun 1543 oleh arsitek berasal dari Dubrobnic.

Lanjut jalan menyusuri gang gang dengan deretan toko dan cafe, pokoknya tidak ada yang namanya gang buntu semua tembus kemanapun kita pergi itu yang bikin kita nyaman. Tidak jauh dari situ langsung kita temui Sarajevo Meeting of Cultures dimana terletak mesjid Husrev bey (1531), Gereja ortodox (1539), Synagoge (1562) dan Katedral (1889)

Letak pusat ibadah berdampingan ini yang bikin saya kagum, dan dan kata orang sana ini  tidak bisa dijumpai lagi di seantero Eropa dan hal serupa ini hanya di jumpai di Yerusalem.  Keberadaan mesjid, synagogue dan gereja secara berdampingan inilah yang kemudian Sarajevo disebut sebagai a little Yerusalem in Europe .

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.