Cerita Bosnia 7: Mt Trebevic venue olahraga seluncur Bob Sleigh Olimpiade winter XIV Sarajevo

 

73555d35-bdf8-4674-af3f-958250ec0433

MT TREBEVIC: VENUE OLAHRAGA SELUNCUR BOB SLEIGH OLIMPIADE MUSIM DINGIN XIV SARAJEVO

Hari Minggu saya cek suhu di hp kalau hari ini bagus banget matahari bersinar cerah dan suhu antara 17-22 derajat. “Wah kudu dimanfaatin nih buat jalan” pikir saya tapi kemana ya?. Iseng liat buku panduan setempat dan disitu tertulis Mt Trebevic sebagai spot outing terdekat dan mudah di jangkau. Betul mudah karena utk kesana bisa pake Gondola.

Kebetulan gondola baru beroperasi bulan April tahun ini setelah vakum 26 th akibat perang tahun 1992….wah harus segera di coba. Biasa dgn alasan orang baru saya minta temen kantor nemenin. Siapa ya? Tawarin sana sini akhirnya dapat ada jg yg mau nemenin outing.

Tidak berlangsung lama saya dan temen beserta keluarga sdh siap tempur untuk jalan. Kamu dijemput dan mobil menyusuri kota tua Bascarsija mencari stasiun Gondola. Ternyata Deket tapi alamak hrs melewati beberapa anak tangga utk ke stasiun dan sampai diatas hrs antri pula….,”Gpp pasti spot bagus kalo rame gini” pikir saya.

Tertera sekali jalan 15 KM (8 USD) kalau PP 20 KM(12 USD), kami putuskan sekali jalan. Karena kami sdh atur sampe atas sdh ada mobil temen saya ngejemput dan putar putar tempat wisata itu.

Setelah antri bayar tiket dengan pelayanan cepat kami langsung menjumpai gondola. Sebelum naik saya melihat replika gondola lama yg di pakai kala olimpiade musim dingin itu, lebih kecil ukurannya memang.

Gondola sekarang lebih modern jelas masih baru mampu memuat 6 penumpang per gondola. Kami kebagian gondola nomer 5 dan cukup kami sekeluarga masuk di dalamnya dan tidak sulit menaikinya tidak seperti di Igman.

Gondola mulai bergerak, sama sekali tidak ada hal yang ngeri..langsung melaju tinggi dan terlihat kota Sarajevo di belakang. Kami hitung dan gondola terakhir adalah 33. Jaraknya ke atas adalah 2 km dan ditempuh 10 mnt.

Kami tiba di stasiun tujuan di Mt Trebevic di ketinggian 1600 m. Kami langsung melihat peta melihat beberapa spot di pintu keluar…Hal pertama kami lakukan adalah melihat panorama kota.

Terhampar pemandangan lanscape kota Sarajevo dengan jelas semuanya..indah dilihat dari ketinggian. Setelah itu trekking lumayan jauh, terus arahnya memutar dan agak kesasar sehingga tidak menjumpai Bob sleigh tempat olah raga seluncur, yang ketemu malah hotel Pino.

Di hotel Pino orang tumblek blek saking penuhnya..restoran yg rencana kita jg mau makan jg antri..begini nih kalau cuaca bagus lantas orang semua keluar. Di hotel ada spot mainan anak anak..yah lumayan anak anak seneng dan nggak boring.

Di hotel Pino ini kami janjian untuk di jemput mobil… alhamdulilah lsng ketemu. Dengan mobil kami menjangkau Bob sleigh itu.

Bob sleigh memang masih ada..namun penuh gravity…lintasannya sangat panjang menembus hutan..menara pantau juga masih ada cuma sdh rusak. Kebayang betapa ramai olah raga ini diadakan untuk balapan luncur..kala olimpiade berlangsung.

Alhamdulilah kesampean untuk melihat venue ini dan bisa cerita akhirnya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.