Cerita Bosnia 8: Mt. Bjelasnica Venue Ski Olimpiade Winter XIV Sarajevo

eaecf20c-6cf4-4afc-983a-18356425bf54

 

Liburan tahun baru 1440 H hari ini , kami diajak Dubes kami ibu Amelia Yani ke Mt. Bjelasnika.. kebetulan emang pengen banget kesana utk melengkapi cerita soal venue olah raga ski pada olimpiade musim dingin Sarajevo 1984.

Tak lupa sebelum berangkat cari “pekara” eh toko roti buat bekal..lumayan ada di deket hotel..kala membayar masuk telp dari Kenan staf lokal KBRI “Dobro Jutro selamat pagi” katanya dia ditugaskan untuk menjemput kami.

Dengan Caravelle, kami bergerak dan menjemput staf KBRI lainnya krn mobil cukup lapang. Mobil meluncur turun naik pegunungan seperti saat kami ke Mt IGMAN, Bjelasnika letaknya memang berdampingan tdk begitu jauh.

Menjumpai Mt Bjelasnika ini lumayan rame karena hotel sudah banyak berdiri. Salah satunya Hotel Bjelasnika adalah yg terbesar memiliki resto yg cukup luas baik indoor maupun outdoor dan letaknya paling tinggi sehingga view ke bukit dan aktivitas di bawah sangat jelas.

Kami menyempatkan untuk mampir ke hotel itu untuk sekedar ngopi dan lanjut makan siang. Dari beranda hotel kami dapat menikmati view spot olah raga ski dan puncaknya dengan sangat jelas.

Selesai makan kami bergerak mendekati lokasi ski, kami melihat kegiatan benah benah terus dilakukan ntuk menyambut musim dingin. Menurut info mereka nanti ribuan penggemar ski dan snow boarding datang ke lokasi ini. Pegunungan ini memiliki lintasan ski sepanjang 25 km.

Selain ski, fasilitas lain seperti hiking, treking dengan penyewaan kendaraan semacam APV, berburu, berkuda, paralayang aktif diadakan di lokasi ini. Pegunungan ini jg dikarunia kekayaan flora dan fauna di hutannya yg cukup lebat.

Menurut mereka akhir Nopember salju tipis sdh mulai turun hingga nanti Desember ketebalan salju akan mencapai 2-3 meter yg sangat nyaman bagi penggemar olahraga es. Biasanya keramaian berakhir April tahun mendatang.

Salah satu sarana penting olah raga es ini adalah gondola. Mereka baru saja menyelesaikan gondola terbaru dengan kecepatan 5 m perdetik dan kapasitas angkut 2000 orang perjam. Jumlah gondola sebanyak 65 dengan 6 tempat duduk satunya Jarak gondola dari bawah hingga puncak 3.5 km ditempuh dalam 15 mnt.

Di sisi kanan masih ada gondola lawas yg bentuknya seperti flying fox hanya kapasitas 1 orang yg kala ini tidak dioperasikan. Kalo yg ini saya gak beranilah mencobanya.

Untuk Gondola yg baru kami tergerak semua untuk mencobanya, tertera harga tiket 12 KM (sekitar 8 USD) perorang. Karena besar, naik gondola ini tdk sengeri yg di IGMAN yg hanya 2 orang dan jalurnya memang lebih panjang namun landai.

Tetapi tetep saja istri takut tetapi anak saya biasa saja kala menaikinya. Namun saat gondola bergerak pelan kengerian hilang mulai nampak santai setelah kami dpt menikmati view sekelilingnya.

Masalah lain lagi muncul makin keatas” ampun dinginnya, cepetan ya turun ga tahan ni” teriak anak saya. Memang udara dan angin diatas sangat dingin pada puncak Bjelasnika setinggi 2069 mpl ini. Niat mau berhenti diatas pupus…ya lanjut az turun lg akhirnya.

Dari semua venue olimpiade, Mt Bjelasnika ini yang tertinggi di banding Mt IGMAN (1500 m) lalu Mt TREBEVIC (1600 m) dan satu lagi bukit yg belum di explore yaitu Mt Jehorina (1900 m)..ntar ya saya cerita Inshaallah.

Namun alhamdulilah beberapa hari di Sarajevo sdh hampir semua venue olimpiade dapat kami jelajahi sampai sampai adik saya yg di Finland nanya”Uda ini kerja gak sih?…jalan jalan mulu”

Jawab saya enteng” ini bagian dari pengenalan wilayah Bosnia dan…masuk bagian tugas Uda jg ” agak ngeles juga he he. Saya bilang ke dia Sarajevo ini kecil hanya 151 km2 itu hanya seperempat Jakarta yg luasnya 662 km2 …ya mudah kejelajah buat saya yg doyan jalan he he.

Sekali LG Hvala ibu Dubes Amelia Yani.

Demikian cerita saya, semoga berkenan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.