b4560316-9512-47b7-b7f8-17254602ba03

Kali ini saya mo cerita jalan jalan ke Cozija Cuprija (Goat’s bridge) sebuah situs peninggalan Turki usmani abad ke 16 sebagai satu kesatuan dalam pembangunan Bijela Tabija (white fortress) dan Zuta Tabija (yellow fortress) dan dinding vratnik itu alasan pertama mengapa saya memerlukan kesana.

Alasan kedua saya memerlukan kegiatan outing utk melihat mulai meluruhnya daun dgn perubahan warna di musim gugur. Dan sy dapatkan itu dalam treking atau jalur bebas kendaraan dariva ke bentbasa.

Alasan ketiga ya ada yg mau diajak buat jalan kali ini dgn rombongan lbh banyak supaya ga bosen dijalan dan sdh tentu cuaca mendukung…cuaca berawan dan tertulis 15 derajat dan siang pasti beranjak hangat….yah mendukunglah.

Saya hitung ke objek goat’s bridge dari Bascarsija dalah 2.5 km sekali jalan balik lagi sdh tentu 5 km. Ukur kemampuan sebaiknya perlu ada yg anter ke ujung atau ke goat’s bridge dulu baru kemudian treking dgn satu kali jalan.

Semangat banget dgn rencana ini dan saya cari carter mobil yg paham bs anter kami ke goat’s bridge. Betul kami bersebelas termasuk anak anak diantar ke lokasi. Lumayan rumit jalan ke sana dan jalan yg dipakai adalah arah Goradz menembus 2 terowongan dan ambil kanan kelak kelok dikit kita sampai disana.

Kita liat goat’s bridge berdiri kokoh diatas sungai Miljacka…sy jg pengen tau kenapa dinamakan jembatan kambing. Pikir saya dinamakan begitu pasti sempit eh nyatanya lebar dengan kontruksi yg sangat imbang kiri kanan dan mengapa jembatan ini kokoh berdiri hingga sekarang.

Tak lama di jembatan kami mulai treking ke Dariva menuju Bentbasa tujuan akhir. Treking sangat menarik sebagai perpaduan keindahan alam dan pengetahuan sejarah tempat tempat yg dilaluinya. Suatu yg sangat indah kala menyusuri sungai miljacka adalah pepohonan yg mulai berwarna yg didominasi warna kuning.

Aktraksi awal kita melihat aktivitas panjat tebing lumayan datar konturnya menaik keatas. Tertancap di atas bendera. Bagi pemula tersedia bukit yg rendah dan lbh landai disebelahnya.

Aktivitas yg ditemui adalah memancing dan barbeque. Warga mensyukuri kalo cuaca panas tahun ini lumayan panjang dan langka masih menemui di bulan oktober cuaca 20 derajat seperti saat ini. Kala itu aktivitas treking lumayan ramai dan akhirnya kami menemui tempat ada saung utk buka bekel kita makan. Tempat nyaman banget buat makan diiringi gemericik air kali.

Kami lanjut jalan dan melewati Ambasadors alley berisi tanaman dipinggir treking dari duta besar yg bertugas di Bosnia tertera dari tahun 2002-2015. Kita rebutan mencari sekiranya ada Indonesia…sampai ujung tidak ketemu padahal tertera dalam daftar ada 130 negara dan Indonesia tdk ada.

Perlu klarifikasi kenapa Indonesia tdk ada dan dari info teman sangat yakin Indonesia ada. Cuma utk bs hadir disana bukan hanya menanam pohon tetapi sanggup membayar biaya perawatan pertahunnya.

Sudahlah yg penting kita terus jalan dan sampai pada terowongan menarik dan beberapa rumah kaca untuk sayuran dan buah serta ternak ayam. Tidak lama kita tiba di ujung treking di bentbasa yg menandai akhir dari treking….alhamdulilah tdk terasa treking 2.5 km dapat dilalui dgn lancar dan anak anak nyatanya enjoy banget.

Tujuan akhir bentbasa selain dikenal sebagai pintu masuk ke bascasija,tempat jamaah haji berkumpul sebelum berangkat ketanah suci, tapi juga dikenal sbg tempat diving yg digelar di muara sungai Miljacka.

Wallahu a’lam