Cerita Bosnia 17 : Istiqlal Dzamija simbol persahabatan dan solidaritas rakyat Indonesia dan Bosnia Herzegovina.

 

Setiap kunjungan pejabat dan tamu KBRI agenda mengunjungi mesjid ini menjadi suatu keharusan. Bangga juga mendengar bahwa mesjid ini sebagai salah satu mesjid terbesar di Bosnia Herzegovina terletak di otoka sebelah barat Sarajevo yang saat ini berkembang sebagai daerah baru yg prestise dikelilingi gedung gedung tinggi apartemen dan perkantoran.

Menuju mesjid ini sangatlah mudah karena dilalui jalur trem utama jurusan bascarsija ilidza. Tidak seperti mesjid lainnya di Bosnia yg buka saat shalat lima waktu saja, khusus mesjid ini dibuka setiap waktu bagi pengunjung, namun demikian kebersihan dan kerapihan mesjid tetap terjaga. Warga Bosnia mengenal sekali kalau mesjid itu adalah hadiah dari Indonesia pada masa Soeharto saat kunjungan beliau pada tahun 1995 bertemu presiden Alija Izetbegovic.

Pembangunan diawali tahun 1995, namun dengan kejatuhan Soeharto tahun 1998, kontruksi sempat terhenti hingga akhirnya sejak tahun 2001 dapat berlanjut melalui Said Agil al Munawar yg kala itu sebagai Menteri Agama. Pada tahun 2002 Mantan Presiden Megawati berkunjung ke Mesjid ini dan membubuhkan tandatangan prasasti peresmian mesjid ini.

Mesjid ini bermenara dua yang berbeda dgn kebanyakan mesjid Bosnia Herzegovina bermenara satu. Menara dua simbol persahabatan dan solidaritas warga kedua negara. Arsitekturnya bernama Fauzan Noeman yang sdh membangun mesjid agung Batam, Mesjid Baiturahim Istana dan mesjid Attin. Luas bangunan mesjid 2800 m2 berkubah satu dgn tinggi 28 m dan menara setinggi 48 m.

Saat ini mesjid di bagian bawah digunakan utk sekolah pengajaran baca tulis Al quran, sebagai kantor pusat arsitektur mesjid Bosnia dan fungsi lainnya untuk keperluan umat lainnya seperti pernikahan dan pengumpulan zakat.

Saat memasuki mesjid, kami langsung mencari tempat wudhu yang indah berbatu marmer dan bersih. Sebelum naik ke ruang shalat kami menemukan prasasti mesjid yg ditandatangani oleh mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

Didalam mesjid ditemukan sumbangan mantan presiden RI Bj Habibie sebuah mimbar dengan anak tangga sebagai tempat khotbah, ukiran sekeliling untuk mihrab ( ruang imam) beberapa kaligrafi ukiran kayu masih terjaga dengan baik. Beruntung warga Bosnia di kenal sebagai warga yg suka kebersihan dan komit untuk menjaga tempat ibadah.

Kami sempatkan shalat dan setelah itu berbincang dengan pengelola masjid sambil mengagumi keindahan interior Mesjid yg luar biasa indah dengan karpet tebal yang nyaman yang inshaallah mampu membuat khusyuk orang yang shalat didalamnya.

Demikian ceritanya..semoga berkenan.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.