sarajevo2

Sarajevo adalah ibukota Bosnia Herzegovina yang memiliki sejarah panjang dan karakteristik tersendiri sehingga mudah dikenali. Paling tidak ada 3 hal yang terlintas di benak kita kala mendengar kata Sarajevo sebagai berikut:

1. Sebagai pencetus perang dunia I

Ceritanya berawal saat terbunuhnya Frans Ferdinand seorang pangeran dari Austro Hungaria ditangan militan Serbia kala itu. Pembunuhan itu menimbulkan tensi tersendiri bagi awal munculnya perang dunia pertama 1914.

Tempat terjadinya peristiwa pembunuhan adalah di jembatan latin dan periastiwa itu juga telah diabadikan di museum tersendiri di ujung jembatan.

2 Kota Olimpiade dan festival

Sarajevo kala itu masih dibawah Yugoslavia adalah negara sosialis pertama yg mampu melaksanakan event dunia Olimpiade musim dingin tahun 1984. Penyelenggaraannya dinilai sukses dan peninggalan olimpiade tsb, masih dipertahankan dan menjadi objek wisata menarik.

Tahun 2019 di bulan februari..Sarajevo akan menjadi tuan rumah European Youth Olympic Festival (EYOF) 2019 dgn peserta 48 negara 1500 atlit dan 8 cabang olah raga.

Kaitan dengan festival, Sarajevo sangat dikenal dengan event Sarajevo Film Festival (Viva) sebagai ajang lomba film dokumenter bertemakan promosi dialog antar agama, ekologi dan lingkungan, wisata dan sineas muda.

Dalam tahun 2018 di ajang VIVA tsb, Cintya (11 th) dari Indonesia mendapat award utk kategori sineas termuda utk film dokumenter berjudul Jamila’s Friends

Selain Festival film juga ada festival terkait musik dan tari yg rutin diselenggarakan setiap tahun.

3 Kota simbol persahabatan dan harapan

Peristiwa berdarah yg mengenaskan yg terjadi tahun 1992-1995 memiliki tekad tersendiri bagi warga Sarajevo utk tidak mengulanginya dan berusaha untuk melihat kedepan. Adanya komplek pemakaman korban di banyak tempat yang tersebar disekeliling Sarajevo akan selaku jadi pengingat bagi generasi sesudahnya.

Walaupun Dayton Peace Agreement yg ditandatangani 3 kepala negara Serbia Croatia dan Bosnia pd nopember 1995 telah mampu mengakhiri pertikaian, dengan formula keseimbangan etnisnya yang ternyata masih membayangi apakah konsensus perdamaian model ini masih dpt dipertahankan.

Warisan peradaban yang menjunjung toleransi dan solidatitas terus dipertahankan dan berdampak positif bagi peningkatan turis mancanegara…saat ini jumlah turis mancanegara Sarajevo sdh mencapai 1 juta lebih jauh melebihi jumlah lenduduknya yang hanya 400 rb.

Potensi sejarah dan keindahan alam ini akan dikemas oleh sarajevo utk menjadi andalan bagi pemerintahnya sehingga mampu mendulang devisa dan mensejahterakan warganya. Dan harapan ini sdh menjadi pilihan dan arah hidup warga Bosnia saat ini.
Demikian..semoga manfaat.