Cerita Bosnia 19: Vodopad Skakavac air terjun tertinggi di Bosnia Herzegovina

 

4e53676b-7eec-470e-8eaf-f6bd66f798f5

Perjalanan wisata kali ini masih disekitar Sarajevo dan setelah kemarin ke goat’s bridge (Cozija Cuprija) kali ini beralih ke grasshopper waterfall (Vodopad Skakavac).

Skakavac adalah air terjun terdekat yg dpat dikunjungi dari Sarajevo berjarak 12 km atau hanya 20 menit berkendara. Air terjun berada di kawasan hutan lindung Perucica dan sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi alam BH sejak 2002.

Perucica adalah bagian dari National Park Sutjesca dgn puncak gunung Maglic(2380 m) yg telah mendapat perlindungan UNESCO sebagai salah satu konservasi hutan tertua di Eropa dengan keanekaragaman flora dan fauna di dalamya. Dengan penetapan badan internasional dan regulasi yg ketat itu maka tidak dimungkinkan adanya explorasi apalagi perusakan hutan didalamnya.

Karena itu lingkungan sekitar objek wisata Skakavac ini, walau sangat dekat dengan kota Sarajevo, namun sangat terjaga keasriannya dengan vegetasi hutan yg didominasi cemara yg sangat rimbun dan nyamannya kehidupan satwa didalamnya.

Berbekal informasi itu siapa jg yang ga penasaran utk segera kesana. Jam 10 kami berangkat menuju arah kebun binatang Sarajevo ( pionirska dolina) lewat dikit maka 20 menit sdh masuk gerbang desa terdekat bernama Nahorevo. Dari sana jalanan sdh mengecil ada sekitar 3 km kami baru menjumpai sebuah cafe.

Saya pikir nanti az mampirnya mending langsung saja ke trek terdekat menuju air terjun. Tibalah kita di portal dimana mobil tdk bisa lagi melaju…stop disana siap treking.

Tertulis ke air terjun hanya 850 m….entenglah tdk jauh..tapi alamak kita harus memasuki hutan lindung yg agak gelap tidak kena cahaya matahari saking tinggi dan lebat pohon pohonnya. Petunjuk jalan sangat sederhana hanya tanda lingkaran merah.

Tapi untunglah ada beberapa trek yg curam sudah dilengkapi pegangan tangan dan ada pos pos pemberhentian dgn adanya kursi untuk duduk istrahat. Kami hitung sama sama ada 3 pos pemberhentian yg kami manfaatkan bener bener krn maklum rombongan adalah keluarga yg gampang capek…jd jarak 850 m ditempub sekitar 60 menit.

Gak lama terdengar suara gemuruh..pasti ini air terjun sdh dekat…gembiranya bukan main..akhirnya kita tiba di air terjun

Air terjun memiliki ketinggian 98 m sebagai yg tertinggi dari semua air terjun di Bosnia yang berupa dinding datar menjulang dimana air mengucur deras dan dibawah air mengalir jernih kebeberapa ruas berkumpul menjadi sungai kecil. Disekitar air terjun dibuat anak tangga dan jembatan untuk dapat mengamati keindahan air terjun.

Debit air memang tidak besar…dan tidak setakjub kalau melihat air terjun lain yg pernah saya lihat namun tetap unik buat saya….katanya yg paling bagus adalah pada musim semi. Cukup lama kami menikmati pemandangan air terjun berfoto dan sekedar main air dan cuci muka….terbalas sdh segala kepenatan tadi kala menuju tempat ini

Cuman kami mikir kembali ya pulangnya juga butuh perjuangan. Mengerti keadaan keluarga maka pulangnya dibuat sesantai mungkin pelan pelan naik dari pos 1 ke 2 dan 3 akhirnya tiba di atas.

Langsung kami cari saung apalagi kalo bukan buka bekel karena perut sdh demikian lapar. Di saung kami ngobrol seakan ya ga percaya klo anak anak bs mencapai air terjun dengan medan treking yg curam.

Saat di cafe saya akhirnya tau ada treking yg landai cuma jaraknya agak jauh dibanding yg kita lalui dan itu nyaman bila bawa anak anak..baiklah jalur ini akan saya coba kalau datang lagi kemari.

Sekian dulu ceritanya…semoga manfaat

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.