8e82ac7d-5866-4e99-b729-27a00542cb87

 

Alhamdulilah piknik kali ini bersama KBRI, pas bener dgn agenda saya utk genapin semua venue olimpiade sarajevo 1984 akhirnya kelakon….kira kira apa? Ya betul Jahorina.

Jahorina adalah deretan pegunungan yg dipakai utk venue olimpiade olahraga musim dingin Sarajevo 1984. Pegunungan lainnya yg sdh saya kunjungi adalah Trebebica (bob sled) Bjlasnica (ski pria) dan igman (ski jumping). Sementara pegunungan Jahorina dipakai utk cabor ski wanita kala itu.

Pegunungan ini tertinggi kedua dgn ketinggian 1916 m dibawah pegunungan Bjlasnica pada ketinggian 2067m. Dibanding venue olimpiade lainnya Jahorina adalah yg terbesar sebagai resort ski di Bosnia Herzegovina selain utk snowboarding skiing dan sledding dgn lintasan ski sepanjang 40 km…ketebalan es pada winter berkisar 106 cm.

Sayangnya pas kita kemari salju belum ada walau suhu sdh luar biasa dingin tercatat 1 derajat namun hangat kebantu matahari yg bersinar cerah. Kami berkumpul di Hotel Vucko dan ikut beberapa acara KBRI dan makan siang. Hotel ini bersebelahan dgn hotel Termag, Bistrica dan beberapa hotel lainnya sbg saksi sejarah olimpiade kala itu.

Harapan utk melihat Jahorina dari ketinggian juga pupus karena gondola masih tahap penyelesaian. Gondola dgn penumpang 5 orang yg lbh modern memang sedang disiapkan utk sampai ke atas sejauh 15 km. Diharapkan pada musim dingin nanti gondola itu jadi andalan sebagai fasilitas pendukung ski resort. Angkutan para ski saat ini menggunakan chair lift dgn kapasitas 2 orang.

Kepaksa akhirnya kami treking ke atas…sebelum treking kami berhenti di bundaran lambang olimpiade lingkaran lima untuk ambil foto..disitu sbg sentral aktifitas dimana ada sekolah ski dgn luncuran khusus dan stasiun gondola.

Treking lumayan cukup jauh sampai atas peak Jahorina..treking keseluruhan sejauh 6 km ditempuh dalam 2 jam.. . Kami tdk bisa sampai puncak dan hanya mencapai seperempatnya saja lalu balik karena bus sdh menunggu utk kita kembali jam 4 sore.

Selama treking saya melihat pembangunan fasilitas penginapan vila dan hotel berlangsung masif…begitu juga restoran sekolah ski dan penyewaan alat ski sdh terlihat aktifitas persiapanya dan kebayang kalau wisata ski ini akan sangat ramai.

Jahorina unggul dan aksesibel karena berada di jalur utama dibanding venue olimpiade yg lain. Dari Sarajevo mengambil arah Goradz dan tiba di Pale belok kanan terlihat sign Jahorina cukup besar.

Dilihat dari jarak tempuh berkendara 4-5 jam penggemar ski dari negara tetangga seperti Serbia Croatia dan Montenegro akan mudah menjangkau tempat ini.

Sayangnya musim dingin belum kunjung tiba..karena musim panas kali ini sangat panjang dan seharusnya nopember ini sdh salju. Saya diadem ademin…nanti datang lagi az pas winter Jahorina akan lbh bagus kalau musim dingin dengan hamparan saljunya…penasaran lihatnya bagaimana jahorina pas winter bisa dilihat pada https://youtu.be/y_q1uqCem30

Walaupun demikian walau tidak ada salju aktifitas juga banyak dilakukan seperti hanya naik ATV, treking hiking bersepeda berkuda berburu memancing panjat tebing dan paragliding. Penikmat flora fauna juga dimanjakan dengan keberadaan hutannya yg lebat.

Demikian ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam