Cerita Bosnia 21: Taman Makam Pahlawan Kovaci Sarajevo keindahannya memupus kisah tragis didalamnya.

d745329c-dcc4-4886-a3e6-a0a6b4deb72d

Sarajevo dikenal dgn banyak makam. Banyak makam bukan berarti nilainya negatif bagi kota ini, malah sebaliknya keberadaan makam ternyata dapat menjadi daya tarik terkait tampilan dan cerita dibalik makam tsb.

Paling tidak di Sarajevo sendiri terdapat 9 makam antara lain Groblje Alifakovac, Gradsko Groblje Bare, Groblje sveti Mihovil, Groblje Sveti Marko, Groblije Sveti Josep, Mizarje Stadion.

Menjumpai banyak makam yg tidak dijumpai seperti di kota besar manapun, teman suka berseloroh: ” berarti banyak hantunya ya” saya jawab ” tergantung di sarajevo yg jd korban adalah tentara dan warga sipil yg tdk berdosa akibat konflik perang sebagai yg sahid..yaa..tidak ada seramnya buat orang meninggal demikian.” Sambung saya lagi ” untungnya warga Sarajevo tdk begitu perduli dengan masalah hantu itu ada atau tidaknya he he

Kebutuhan makam yg banyak dan cukup luas adalah terkait korban dari konflik berdarah yg terjadi di sarajevo yg diperkirakan jumlah korban mencapai 13 rb jiwa. Bahkan ada makam yg dibuat dengan mengalihkan fungsi stadion yaitu Mizarje Stadion yg searah jalan menuju kebun binatang.

Sebagian besar makam ini tertata rapi dan indah. Nisan sebagian besar berbahan marmer …..saking indah dan beranekaragam bentuk dan coraknya batu nisan itu ada kelompok pemerhati yg fokus pada hal itu atau disini dikenal Stecci .

Seperti kunjungan kami ke makam pahlawan Kovaci,
sebagian besar adalah makam para tentara Bosnia yang meninggal pada tahun 1992-1995 dan menilik umur mereka juga masih muda sekitar 20-30 tahun yaitu umur produktif seorang tentara kala itu.

Di bagian tengah terdapat kubah berbahan alumunium agak mencolok disitulah disemayamkan bapak pendiri bangsa Bosnia Herzegovina Alija ijetbevovic.

Tidak jauh dari situ terdapat semacam bangunan mirip amphiteater dengan altar sebagai tempat dilangsungkan prosesi upacara utk peringatan dan penghormatan kepada para pahlawan yg gugur.

Tidak jauh dari makam, terdapat makam lama yang merupakan makam orang saleh pada masa Turki Usmani abad 15-16 M yang terlihat dari stecci mereka yg kuno.

Untuk mengabadikan apa yg terjadi kala perang 1992-1995 di dekat makam juga dibangun museum perang utk menggambarkan peristiwa tragis tersebut.

Keindahan kerapian dan tampilan makam yg tidak menyeramkan nyaman untuk diziarahi adalah kesan yg saya alami sendiri kala mengunjungi makam makam di Sarajevo. Semuanya adalah bentuk suatu upaya timbal balik bagi keluarga yg ditinggalkan dan juga pemerintah yg tiada lain bentuk penghormatannya adalah dengan menjaga dan memeliharanya serta melanjutkan perjuangannya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yg menghargai jasa pahlawannya. Selamat hari pahlawan juga di tanah air tercinta.

Demikian ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.