Cerita Bosnia 22 : Makanan khas Bosnia Herzegovina Cevapi dan Roti Sumon

Ada banyak makanan di Bosnia Herzegovina ada yg pengaruh Turki seperti kebab shawarma atau doner dan yg khas Bosnia adalah Bey’s soup burek dan cevapi. Tdk usah kuatir semua makanan di Bosnia dijamin halalnya.

Kali ini saya akan membahas makanan Cevapi yg selain khas sdh menjadi makanan nasional Bosnia Herzegovina.

Biasalah kalo ada libur anak saya selalu minta keluar..apa yg diminta..gak lain adalah cevapi. Ya permintaan anak untungnya sederhana ya patutlah untuk dituruti. Hari saya pergi ini adalah libur statehood day Bosnia Herzegovina di Bascarsija sehinģga banyak toko tutup untungnya resto cevapi buka

Saya punya langganan resto Cevapi namanya Ferhatovic berada dalam deretan resto cevapi lainnya tapi anehnya hanya ini yg selalu rame dan jam mkn siang pasti membludak.

Resto ini mudahnya masuk dari Vijecnica (city hall) ..resto ini berada pada deretan kedua resto Cevapi sebelah kanan dari arah city hall menuju sebilj di Bascarsija.

Waiternya ramah memakai pakaian tradisional Bosnia dan menu yg disajikan aneka Cevapi saja. Pilihan menu yg tdk bnyak ini praktis apalagi buat saya yg baru tinggal sebut cevapi yg 5 atau 10 lalu pake keju karmaj gak? Dan pilih minumnya bisa coca cola atau orenge juz…mudah bahkan pake bhs isyaratpun juga bisa he he.

Tidak lama menunggu hadir pesanan saya Cevapi. Oh ya saya blom jelasin apa itu cevapi ? Cevapi adalah panggangan daging cincang yg di gulung menyerupai sosis kecil kecil seukuran jari bahannya daging sapi dan kambing.

Menu cevapi dihidangkan dalam nampan bundar dan cevapi dimasukkan dalam roti sumon semacan fita bread atau tabla sebutan di arab. Roti sumon aslinya bundar dipotong setengah lingkaran sehingga ada rongganya dan itu utk tempat cevapi.

Selain itu di sebelahnya ditaruh rajangan kecil kecil bawang bombay. Disamping itu ada keju kajmak khas sini yaitu keju masih fresh belum di fermentasi sbg cocolan cevapi. Rasa kajmak mirip mirip seperti tahu namun berserat dan yg jelas enak dan cocok di lidah saya.

Ga ada aturan baku cara makannya, yg biasa sy liat adalah dgn menyobek roti, masukan satu cevapi dan bawang bombay tambah olesan keju lsng dimakan..enak banget dan yummy…pantes az anak saya selalu minta.

Saya baru 3 bulan di Bosnia…namun mengunjungi resto ini sdh 5 kali setiap ke Bascarsija kota tuanya Sarajevo. Bila siang sedikit jgn harap dpt tempat krn selalu membludak pelanggannya. Kemaren sy mudah dapat tempat krn datang jam 11 dan libur pula jd dpt pelayanan prima.

Terkait roti sumon ada cerita menarik soal roti ini. Roti ini khas Bosnia tersedia banyak di toko bakery atau kita menyebutnya pekara di wilayah sekitar Bascarsija Bistrik dan Kovaci. Pembuat sumon terbaik di Bascarsija adalah Poricanin Bakery yang sudah 3 generasi. Bentuknya bulat terbuat dari terigu kala di bakar roti ini mengelembung dan sumon terbaik adalah yg ditaburi black seed.

Black seed atau butiran hitam dari jinten atau habatusauda ini adalah anjuran Nabi Saw yg dpt mengobati segala penyakit kecuali mati..inshaallah dan blackseed ini populer di arab dan asia tengah.

Sumon ini merujuk pada pembuatnya Sumoni pembuat roti pada masa Husrev Bey memerintah dan dijadikan makanan wajib di kala ramadan. Pada saat itu orang antri utk mendptkan sumon sdh menjadi pemandangan biasa…begitu ceritanya..

Balik lagi ke hidangan cevapi..tdk lama 5 biji cevapi roti sumon bawang bombay dan kejunya tandas bersih nampannya..sy lihat istri dan anak juga demikian. Istri blom terbiasa mkn kejunya dia tambahkan sendiri chilly sauce sachetan yg selalu dibawa..maklum ga bs ninggalin rasa pedas di makanan padahal lada jg tersedia..he he

Sekian dulu ceritanya semoga berkenan.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.