Cerita Bosnia 23: Peringatan Statehood Day Bosnia Herzegovina 25 November 2018

Hari ini senen tgl 26 Nopember 2018 adalah hari libur sbg pengganti statehood day 25 Nopember yg jatuh di hari minggu. Hari Senen itu setelah peringatan statehood day minggunya hari terasa sepi karena banyaknya toko sarana publik lainnya tutup. Saya dan keluarga yg siap jalan jalan menjadi kendur semangatnya ditambah hujan pula sehingga hanya mampir resto makan Cevapi di Bascarsija dan lsng pulang.

Statehood day Bosnia Herzegovina dirayakan meriah lewat upacara di Sarajevo dan wilayah Federasi utama lainnya seperti di Mostar lalu ziarah makam pahlawan dan makam korban pembunuhan massal seperti di Srebrenica dan pemasangan bendera dimana mana. Kemeriahan semarak di Federasi Bosnia Herzegovina namun tidak untuk Republik Sprska…loh kok bisa begitu.

Bagi yg belum tahu Bosnia Herzegovina ini terdiri dari 2 entitas besar yaitu Federasi Bosnia Herzegovina dan Republik Srpska serta 1 distrik yaitu Brcko dekat perbatasan Serbia yg sepakat mengikatkan diri kedalam negara Bosnia Herzegovina. Negara ini dikuasai tiga etnis besar yaitu Bosniaks Croats dan Serbs. Karena itu kepala negara berupa Presidensi gabungan dari 3 presiden terpilih mewakili 3 etnis itu…unik bukan.

Republik Srpska lebih memilih tanggalnya sendiri utk peringatan statehoodnya yaitu tgl 9 Januari 1992. Pada tanggal itulah Republik Srpska menyatakan kemerdekaan negaranya. Kalaulah di bulan Nopember Republik Srpska cenderung memilih tgl 21 Nopember 1995 utk peringatan statehoodnya yakni saat penetapan Dayton Peace Agreement yg menghentikan pertikaian perang saudara di Bosnia Herzegovina.

Hal ini ditegaskan oleh presiden terpilih pada Presidensi Bosnia Herzegovina yang kebetulan dari Republik Srpska Milorad Dodik yang menjawab surat Donald Trump yg mengucapkan selamat atas peringatan Statehood Day kepada Bosnia Herzegovina. Dia menyangkal kalau ada peringatan seperti itu di negaranya…Begitulah warga sini tidak kaget karena Presiden baru terpilih hasil pemilu Oktober 2018 memang kontroversial.

Peringatan Statehood day mengacu pada pertemuan dewan anti Fascist (the Anti-Fascist Council of Bosnia and Herzegovina /ZAVNOBiH) pada tahun 1943 yang mengesahkan sebuah resolusi yang menyatakan BiH sebagai komunitas yg memiliki kedudukan yang sama antara Bosniaks, Croats dan Serbs.

Pertemuan Dewan itu diadakan di Mrkonjic Grad yang dihadiri total 247 wakil daerah di Bosnia Herzegovina dimana 173 daerah yg memiliki hak suara setuju untuk berikrar mengikatkan diri pada persaudaraan antara Bosniaks Croats dan Serbs tersebut.

Agak sulit bagi negara Bosnia Herzegovina untuk menetapkan statehood daynya dan mencari landasan bagi persatuan 3 etnis..seperti ucapan presidennya yg tidak sejalan, perseteruan etnis dan keinginan Republik Srpska memisahkan diri masih terlihat. Konstelasi politik pengaruh Rusia dan Eropa masih suka di dikotomikan.

Kebutuhan utk mencari dasar bagi persatuan ketiga etnis itu menjadi sangat perlu dan satu satunya dokumen yg berisi komitmen persatuan ya hanya pada pertemuan Dewan Anti Fascist tahun 1943 tersebut. Bagi negara lain pecahan Yugoslavia seperti Croatia dan Serbia relatif Homogen tdk memerlukan masalah utk persatuannya krn satu etnis.

Hari Statehood sudah tentu berbeda dengan hari kemerdekaan. Hari kemerdekaan Bosnia Herzegovina jatuh pada tanggal 1 Maret 1992 yg menandai lepasnya negara itu dari Yugoslavia.

Kiranya Indonesia dpt ambil pelajaran begitu rumitnya urusan etnik di negara ini….ideologi atau landasan lain diperlukan utk persatuan suatu negara…..untungnya Indonesia memiliki pancasila dimana etnik Indonesia yg ratusan akhirnya bisa bersatu.

SRETAN 25 NOVEMBAR DANDZRAVNOSTI BOSNE I HERCEGOVINA

Demikian ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.