Cerita Bosnia 31 : Terlalu cepat datang jamaah subuh

f8011a7b-31a2-4e37-adf7-638c5e6b760a

Sudah jadi kebiasaan tidak di tanah air atau di luar negeri seperti saat ini di Bosnia untuk membiasakan shalat subuh berjamaah. Tidak perlu saya ceritakan bagaimana keutamaan salat subuh berjamaah disamping  shalat fardu lainnya…pokoknya banyaklah.

Satu segi praktis yag manfaat banget adalah kita mudah merancang dan persiapkan hari segala sesuatunya sebaik mungkin bila kita bangun lebih awal. Dan yang jelas hidup menjadi terencana tidak gedubukan atau tergesa gesa.

Memulai suatu apapun pasti berkesan begitupula saat pertama kali shalat subuh ke mesjid apalagi  di negara asing seperti ini. Untunglah saya terbiasa bangun jam 4 pagi setiap hari.. dan saya baca jadwal shalat subuh tertera 5.20….ya bisalah.

Langsung  bergegas saya keluarkan mobil untuk menuju mesjid terdekat sekitar 1km dari apartemen. Jalan masih sepi dan gelap namun rute kesana saya hafal benar dan tak lama sayapun tiba disana.

Sampai disana jam tertera 5.30..lho kok sepi mesjidnya jangan jangan sudah selesai dan ketinggalan subuh jamaahnya. Saya liat sekelebat ada orang masuk mesjid …alhamdulilah ada orang masuk…sama berarti telat juga ya”pikir saya.

Saya menegur orang itu dan sayangnya tidak bisa bahasa inggris dia bilang ke saya bahwa waktu subuh belum dan dia peragakan lewat isyarat bahwa ini waktunya orang tidur.

Dia lalu keluarkan kunci membuka mesjid ..masha allah rupanya dia marbot mesjid sini dan mempersilahkan saya masuk sebagai jamaah pertama. Tdk lama setelah itu mulai datang beberapa orang ….terus berdatangan satu satu hingga saf depan terisi.

Saat datang semuanya sibuk untuk shalat sunat dzikir dan baca quran dan saya juga ikut. Dalam hati…lah kapan azannya? Waktu sdh menunjukan jam 6.00 pagi. “apa jadwalnya yang salah? pikir saya. Tak lama datang imam …oh berarti sdh mau shalat subuh. Benar juga jan 6.20 ternyata azan subuh baru dikumandangkan.

Masha allah saya datang shalat jamaah rupanya kecepatan….Selepas azan shalat sunat 2 rakaat dan langsung shalat subuh dilaksanakan. Saya perhatikan ada 2 saf shalat subuh berjamaah di mesjid ini…banyak juga.

Ok lah mulai besok datang shalat subuh berjamaah bisa lebih telat tiba jam 6.00 juga masih bisa…tidak seperti pengalaman awal ini datang shalat subuh bareng marbot he he.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.