Cerita Bosnia 32 : Shalat ashar di Mesjid Begova Sarajevo

Sarajevo banyak sekali mesjid dan saya selalu punya keinginan utk shalat di mesjid bersejarah dan salah satunya mesjid Begova yang berada di kota tua Bascarsija. Mesjid ini didirikan pada masa gubernur Husrev Bey dari kerajaan Turki Usmani pada abad 17,
karena itu nama lain mesjid ini adalah Husrev Bey.

Saat jalan di Bascarsija berkumandang azan ashar sekutar jam 14.00. Lsng teringat keinginan saya utk bisa shalat jamaah di mesjid bersejarah itu.

Memasuki mesjid ini yg cukup luas ini terlihat dihalaman fountain untuk minum dan wudhu dan di pojok ada ruangan tempat wudhu. Saat winter begini kayaknya tidak akan kuat wudhu langsung  dari fountain dan harus ke ruang wudhu. Benar juga diruang wudhu ada keran air panas…alhamdulilah lumayan bisa khusyuk wudunya karena tidak  dingin airnya.

Langsung saya bergegas masuk mesjid. Ada kebiasan bahwa mesjid di Sarajevo hanya dibuka saat waktu shalat saja bila tdk waktu shalat disediakan tempat di teras mesjid. Karena ini waktu shalat saya berkesempatan shalat didalamnya.

Memasuki ruang mesjid..mashaallah indahnya terutama mozaik pada kubahnya berkarpet tebal dan di sisi kiri terdapat pembatas utk jamaan wanita. Yang menarik jamaah shalat ashar ini luar biasa banyak saya hitung sdh memenuhi separuh ruangan mesjid ada sekitar 7 saf.

Shalat ashar diakhiri dengan wirid pendek yang dibacakan bilal mulai dari doa sesudah shalat allahuma antas salam dstnya lalu membaca tasbih tahmid dan takbir dan ditutup doa dari Imam disertai bacaan asmaul husna dan diakhiri bacaan alfatehah. Di beberapa mesjid biasanya sesudah mesjid dilanjutkan dengan belajar mengaji dan hafalan surat yang dilakukan imam kepada  para remaja di lingkungan terdekat.

Pengalaman saya di beberapa tempat di arab saya liat kalau jamaah shalat ashar itu selalu banyak. Mereka paham keutamaan shalat ashar karena tahu amal ibadah harian kita dilaporkan malaikat kepada Allah adalah pada waktu ashar dan saat dilaporkan akan alhamdulilah bila si fulan itu dalam keadaan shalat.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.