Grbavica adalah lingkungan paling dekat dimana saya dan keluarga dapat pergi ke pasar mesjid menikmati car free day di jalan sepanjang sungai miljacka, ada klinik juga stadion dan 2 sekolah dan Fakultas kehutanan universitas Sarajevo serta sebuah gereja orthodox di wilayah ini.

Dahulu Grbavica masuk wilayah kota Sarajevo, namun seiring pesatnya pembangunan dan bertambahnya penduduk secara administrasi wilayah ini masuk Novo Sarajevo dan itupun terbagi menjadi Grbavica I dan Grbavica II. Beberapa gedung tinggi perkantoran juga dibangun termasuk kedutaan Belanda dan Inggris ada di wilayah ini.

Grbavica menjadi terkenal setelah film dgn judul Grbavica menyabet film terbaik Festival Berlin tahun 2006 dan menjadi film pembuka pada Oscar di tahun yg sama.

https://youtu.be/msRfOWQHSHQ

Kisah berisi potret seorang wanita yg mengalami tindak kekerasan pada masa perang dan berusaha utk keluar dari trauma utk melanjutkan kehidupannya bersama seorang anak wanitanya. Menurut film tersebut pada masa perang 1992-1995 ada sekitar 20 rb wanita Bosnia yang mengalami tindak kekerasan dari tentara Serbia.

Apartemen saya tinggal sendiri berada di wilayah Kovacici dan karena Grbavica lebih lengkap saya dan keluarga paling sering ke wilayah ini. Mesjidnya adalah mesjid sumbangan pemerintah Jordan sehingga dinamai mesjid Jordan.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan harian, saya banyak berkunjung ke pasar Grbavica ini, tidak selalu ke supermarket besar di sarajevo seperti Mercator. Di pasar kami juga sdh tau utk daging tokonya Mesnica dan untuk ikan adalah Ribarnica di deket pasar sayur dan buah juga ada retail Konzum.

Belanja di pasar tradisional ini menarik buat istri yg tdk begitu paham bahasa lokal, modalnya hanya tau hitungan satu yakni jedan dan setengah atau pola untuk timbangan buah atau sayuran.

Untuk harga cukup menunjuk kalkulator dan selebihnya lebih banyak pake isyarat menggunakan jari …he he..selama ini lancar lancar saja dan kejujuran sangat melekat di pedagang pasar disana.

Wallahu a’lam