Hari sabtu pada winter ini tdk biasa, suhu yg biasanya minus kali ini tercatat hangat 10 °C dan matahari bersinar cerah. Apa akibatnya semua orang di Sarajevo keluar rumah trotoar ramai dan jalan juga macet menikmati cuaca hangat.

Begitu juga kami awalnya hanya ingin kepasar saja rutinitas weekend dan akhirnya jadi ingin ke tempat wisata dan sebagai tujuan adalah jembatan romawi di Ilidza tidak jauh dari Sarajevo.

Ilidza berjarak 10 km dari Sarajevo sbg akhir tram dan bis berdekatan dgn bandara karena kontur tanah yg datar dan memiliki konservasi hutan dan sumber mata air sebagai objek wisata utama yakni Vrelo Bosne.

Jembatan Romawi dgn bahasa Bosnia disebut Rimski Most dibangun sekitar 1530 an atau pada abad 16 yg masih kokoh berdiri diatas sungai bosna tidak jauh dari mata air bosna atau Vrelo Bosna.

Jembatan Romawi ini diketahui terkait desain umumnya bentuk jembatan Romawi dan unsur batu batuannya yang digunakan untuk konstruksinya.

Karena winter pohon daun semuanya rontok jadi terlihat seperti mengering namun bila musim panas wilayah ini sangat rimbun dan nyaman untuk kegiatan outing.

Karena dekat dengan mata air Bosne tdk heran bila airnya sangat jernih dan onggokan es yg mencair karena cuaca hangat masih tersisa di beberapa tempat.

Demikian ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam