Cerita Bosnia 36 : Tekija Blagaj dan legenda sang naga

Kunjungan saya ke Tekija Blagaj ini adalah kali kedua. Bila pada kunjungan pertama lebih banyak bicara terkait sisi spiritual dari seorang wali yg mendirikan tempat ini Seyyid Muhammad Bukhari Sari Saltuk yg lahir di Bukhara pada tahun 1211 mengembara hingga daratan eropa termasuk di Bosnia ini.

Saat itu saya bertemu dengan imam Sayyid di tempat ini yg bercerita banyak soal simbol simbol dan filosofi bangunan, tentang tarekat naqsabandiyah dan kegiatan zikir setiap 3 kali seminggu ditempat ini dan dukungan pemerintah untuk menjadikan tempatt ini sebagai warisan budaya nasional.

Kunjungan kedua kali ini lain karena diantar guide umum saat mendampingi tamu kemari, maka ceritanya jg sangat umum. Guide bercerita terkait legenda tempat ini bahwa sebelumnya di tempat ini adalah tempat yang tidak tersentuh terkait posisinya di kaki bukit dan banyak binatang buas.

Konon didalam gua hidup seekor naga yg kalau keluar selalu merusak kampung dan meminta tumbal gadis yang paling cantik setiap tahunnya. Hal ini selalu menjadikan rakyat resah dan raja Bosnia kala itu raja Stefan juga mengetahui itu.

Raja Stefan juga memiliki anak 2 yaitu Catherine dan Melisa yg tumbuh cantik dan itu membuat kuatir bila nanti akan jadi persembahan bagi naga.

Melisa sebagai anak terkecil ingin membantu kakaknya yang bakal jadi ratu pengganti ayahnya dan tidak rela dalam pemerintahannya selalu diganggu naga. Melisa ingin mengorbankan dirinya dihadapan naga untuk maksud baik kepada kakaknya itu.

Disaat itu ada seorang wali yg penduduk mengakui kesaktiannya yang jatuh hati pada Melisa dan ingin membantu menumpas naga tersebut dan tidak rela Melisa menjadi tumbal.

Dengan gagah berani wali itu masuk ke gua dan menantang naga berduel. Cukup lama pertarungan berlangsung dan konon katanya bertahun tahun dan penduduk cemas menunggu siapa kiranya yang menang.

Akhirnya sang wali berhasil menang dgn naga itu, dan raja senang dan menghadiahkan Melisa untuk dijadikan istri baginya. Tidak hanya itu raja Stefan membangunkan tempat dzikir bagi pengikut wali di tempat sang wali memenangkan perang dengan naga di Tekija Blagaj ini.

Siapa sosok sang wali itu dan banyak yang meyakini dialah Sari saltuk dgn banyak karomah yang dimilikinya. Banyak versi cerita terkait hal ini dari bagaimana memandangnya dan banyak menyebutnya sebagai dongeng.

Ada satu hal yang menarik makam Sari Saltuk hingga kini masih belum jelas karena ada 7 tempat di eropa diantaranya di Albania Rumania Bulgaria yang mengklaim keberadaan makam orang suci ini, termasuk di Bosnia.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.