Cerita Bosnia 42: Genosida Muslim di Srebrenica pada Perang Bosnia

 

4c34fca5-646d-4ffa-b7b3-3995f23420c4.jpg

Sesak di dada dan kesedihan mendalam bila melihat aksi Genosida yang dilakukan Tentara Serb Bosnia kepada rakyat sipil Muslim pada perang Bosnia Juli 1995.

Sebanyak 8372 jenazah ditemukan setelah melalui laporan keluarga yg kehilangan dan proses pengujian DNA dari aksi Genosida yang kini terbaring dalam makam Srebrenika yang tertata rapi dan indah.

Tidak jauh dari makam berada, salah satu tempat pembunuhan terbanyak berlangsung di bekas pabrik batere dan markas UNPROFOR PBB Batalion dari Belanda juga berada tidak jauh menggunakan fasilitas kantor pabrik batere di areal depannya yang kini menjadi museum dan audio visual utk memotret kejadian genosida tersebut.

Adanya markas PBB menjadikan kala itu Serebnika sebagai wilayah aman sejak tahun 1993 sehingga Serebnika menjadi tumpuan warga sipil pindah ketempat ini. Kenyataannya PBB tidak bisa berbuat banyak menghalangi tindakan genosida yang terjadi dibawah ancaman tentara Bosnia Serbia kala itu.

Dalam pertemuan dengan imam mesjid Srebrenica Dhomir bahwa sulit mengungkapkan latar belakang peristiwa ini terjadi ada yang menyebut sebagai letupan kebencian etnis serb terhadap Turki yang ditujukan kepada etnis Muslim, Ambisi teritorial dan politik untuk membentuk Serbia Raya pasca runtuhnya Yugoslavia, Tidak rela bila Bosnia merdeka nantinya dikuasai Muslim dan banyak lagi latar belakang pemicunya.

Namun yang jelas genosida ini terungkap dan dikenang sebagai bentuk tragedi kemanusian terbesar di eropa sejak perang dunia II dan pelakunya seperti Slobodan Milosevic, Radovan Karadzik hingga pelaku dilapangan seperti Mlatko Radic akhirnya mendapatkan hukumannya.

Srebnica berada di batas antara Bosnia Herzegovina dan Serbia berjarak 130 km dari Sarajevo. Srebrenica berpenduduk sebelum terjadi peristiwa genosida adalah mayoritas muslim 30 ribu jiwa dari total 36 ribu. Warga Muslim di kenal banyak memiliki anak yang rata rata satu keluarga memiliki hingga 8 anak. Profesi Muslim lebih baik sebagai pedagang dan pekerja sementara Serbia adalah petani.

Pasca genosida Srebnica menyusut penduduknya hingga seperempatnya saja dan apalagi administrasi dipegang oleh etnis Serb dari Republik Srpska.Satu hal agenda paling penting agi Srebrenica adalah bagaimana rekonsiliasi antar etnis dilakukan agar hal ini tidak terjadi lagi.

Kejadian genosida membutuhkan waktu lama agar antar etnis di Srebrenica kembali menjalani kehidupan normalnya. Kehilangan warga laki laki sebagai suami ayah atau kakek menjadikan warga Muslim wanita menjadi single parent berjuang membesarkan anak anaknya.

Hampir semua fasilitas pabrik dan tempat usaha dimana masyarakat bekerja rusak dan puluhan mesjid di Srebnica semuanya hancur dan imam imamnya menjadi kurban menjadikan Muslim memulai semua kehidupan dari awal dengan perjuangan yang berat.

Pihak Muslim dengan kebesaran hatinya mampu memaafkan kejadian tersebut dan tidak menyimpan dendam kepada etnis Serbia. Ada seorang nenek yang sangat tabah walau dia kehilangan 7 anak dan cucu laki lakinya dan menyebutnya memang sudah takdir dan berbesar hati kalau mereka syahid sebagai pejuang.

Bagi etnis Serbia terasa ada perasaan bersalah atas kejadian tersebut dan dalam setiap peringatan kejadian Genosida setiap bulan Juli walikota Srebrenica yang beretnis Serbia belum mampu untuk hadir bersama etnis Muslim lainnya.

Peristiwa ini menjadi pelajaran bagi generasi baru di Srebnica untuk tidak melakukan hal yang sama dan lebih mengedepankan toleransi dalam pergaulan masyarakat untuk membangun kembali Srebrenica dalam negara Bosnia dan Herzegovina.

Demikian ceritanya, semoga berkenan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.