Cerita Bosnia 46: Karunia luar biasa sungai bagi rakyat Bosnia

on

Bosnia Herzegovina dikarunia banyak sungai dan manfaat sungai tersebut sangat luar biasa bagi kehidupan rakyat Bosnia. Beberapa sungai besar di Bosnia Herzegovina adalah seperti sungai Bosna dan Sungai Neretva.

Bila kita selfie dgn latar belakang sungai ini, terlihat gambar yang menyerupai lukisan karena warna warna sungai ini yang kadang hijau emerald atau tourquise dan kadang mendekati biru. Warna terjadi karena sungai memang dalam dan air jernih terefleksi warna langit serta juga kandungan algae didalamnya.

Dalam setiap perjalanan ke Mostar dari Sarajevo pemandangan apik sungai Neretva membuat kekaguman saya dengan kejernihan dan warnanya itu. Sungai Neretva ini panjangnya 230 km hingga bermuara ke laut Adriatic.

Menurut cerita sungai Neretva yang berhulu di Bosnia tengah di Drina itu airnya aman di minum hingga ke kota Konjic, kota setelah Sarajevo menuju Mostar. Yang menarik kebersihan sungai sungai di Bosnia memang mampu dijaga walau sungai berada di tengah kota misalnya seperti plava voda sumber air sungai Bosna yang ada di tengah kota Travnik dan air sungai Pliva dan air terjunnya di tengah kota Jajce.

Banyak manfaat sungai ini antara lain untuk pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. sumber air minum, penelitian terkait keanekaragaman hayati didalamnya dan eco tourism yaitu wisata berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan keindahan sungai yang tenang untuk kano dan yg deras untuk arung jeram dan atraksi air terjun. Bosnia memiliki atraksi air terjun memukau yakni Pliva di utara Bosnia dan Kravica di Selatan Bosnia

Dalam pertemuan dengan Mufti di Mostar, kebersihan sungai dipertahankan berabad abad adalah sesuai dengan tuntunan Islam dalam surat al anbiya ayat 30 bahwa segala kehidupan bermula dari air dan kebersihan adalah sebagian dari iman sesuai hadist.

Sejak kecil anak anak madrasah di Mostar ditanamkan untuk menjaga kebersihan sungai ini dengan bukti nyata ikut membersihkan sungai ini dengan gotong royong secara berkala.

Sumbangan Islam Bosnia ini lewat prilaku hidup bersih ini sdh menjadi ciri dan saya amati daerah wisata mereka juga bersih jauh dari stigma orang yg selalu bilang kalau Islam itu jorok.

Kebersihan warga Bosnia juga dimulai dari rumah seperti kala bertamu kita wajib buka sepatu. Hal lain adalah tercermin dari profesi rata rata mereka terutama di luar negeri mereka piawai untuk kebersihan seperti cleaning service dan tukang bangunan.

Sungai Neretva juga memiliki sumber mata air yg banyak yang menjaga aliran Nertva tetap deras seperti mata air sungai Buna atau Vrelo Bune di Tekija Blagaj dengan debit air tertinggi di eropa mencapai 43 mt/ perdetik.

Disamping itu sungai juga sangat bergantung kepada konservasi hutan untuk menjaga sumber mata air. State park Sutjeska dan Una adalah konservasi hutan terbaik yg dimiliki Bosnia Herzegovina. Ada satu hal yg membuat Hutan tidak terjamah karena masih banyaknya ranjau darat di dalamnya sisa perang.

Karenanya tidak heran bila listrik di Bosnia Hetzegobina 40% berasal dari PLTA yg murah dan kelebihan pasokannya itu sdh dimanfaatkan negara tetangganya. Sebelumnya sungai Neretva ini acap membuat kerugian karena sering banjir, namun sejak dibuat PLTA dengan membuat bendungan maka banjir dapat di cegah.

Satu lagi atraksi di sungai Neretva yang terkenal setiap agustus adalah kompetisi lompat indah dari jembatan tua Mostar ke sungai Neretva ini yg sdh dilakukan sejak 4 abad lalu. Agenda internasional diving selalu dilakukan lewat redbull international diving dan tahun lalu sebagai juara adalah Inggris untuk pria dan Mexico untuk wanita.

Demikian ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.