Cerita Bosnia 50 : Profil Tuzla Kota terbesar ke 3 di Bosnia Herzegovina

6138ccb4-f19e-4cd3-b167-2e8c015ccc64

Berapa kali saya ke Tuzla belum tergerak untuk explore wilayah ini karena lebih banyak kesini untuk kepentingan bisnis bertemu dgn perusahaan garam Solana dan beberapa distributor besar seperti Bingo yang punya base di Tuzla.

Tuzla identik dengan kota industri benar adanya saat memasuki kota terlihat adalah pembangkit listrik tenaga batu bara dan deretan industri lainnya, memanfaatkan posisi strategis Tuzla banyak perusahaan besar membangun pusat distribusinya disini. Tuzla memiliki bandara sendiri terhubung di kota2 besar di Jerman dan Swedia.

Keadaan ini menaikkan level kota Tuzla sebagai kota internasional dari segi hubungan antar negara dan migrasi penduduknya. Sebelum perang bosnia warga muslim di bawah 50%, namun setelah perang terjadi peningkatan warga muslim hingga 70% saat ini dari 160 rb penduduknya. Kota ini juga memiliki madrasah bernama Bahrem Bey yang berdiri sejak tahun 1626

Sebutan lain yang melekat pada kota ini adalah kota garam karena karunia garam luar biasa pada pegunungannya yang dapat ditambang sejak jaman neolithic. Kata Tuz dalam bahasa turki adalah garam. Garam produksi Tuzla ini memenuhi produksi garam wilayah balkan dan domestik.

Kandungan Nacl pada garam adalah yg terbaik mencapai 99 % dilakukan melalui proses drilling di kedalaman 500- 600 mtr. Pengambilan garam dilakukan dengan memasukkan air ke pipa drilling dan mendorong garam keluar dan dialirkan ke bawah utk diproses menjadi garam.

Pribahasa garam di laut dan asam digunung tidak dikenal dengan kondisi tuzla itu dan beruntung pula garam bisa diperoleh melimpah di negara ini mengingat tidak memiliki laut hanya tersisa di Le neum dgn panjang hanya 20 km ke laut adriatik. Negara ini ditutupi akses lautnya oleh Croatia hingga Dubrovnik.

Dari Sarajevo kota ini berjarak 125 km arah timur laut dari sarajevo ditempuh dalam 2.5 jam lanscape kotanya 250 mdpl berada di lereng pegunungan Majevica dan jala river. City center seperti kota lainnya terpusat untuk kota tuanya tidak penuh bangunan melainkan kombinasi antara taman dan gedungnya, apik dan asri.

Bekas tambang garam didekat kota, berubah jadi danau saat ini adalah spot utama wisata pannonian lake yang menjadi kolam renang dimana kala musim panas warga menghabiskan waktu utk berenang dan berjemur dan melakukan kegiatan sosial lainnya berkumpul.

Kota ini memiliki mal besar yakni Bingo City Center dan kebun binatang Bingo mini zoo. Bingo banyak memberikan kontribusi bagi kemajuan Tuzla dan retailnya di Bosnia mencapai hampir 200 dari kecil berupa gerai hingga berupa mal 3 lantai seperti di Tuzla ini.

Di kota tua ditandai dengan bangunan utama Baroque dibangun Austro Hungaria dengan didepan halaman luas tempat berkumpul di sisi kiri terdapat mesjid di belakang terdapat gereja katedral orthodox dan di depan terdapat gereja katedral katolik.

Di dalam sedikit terdapat Panija semacam gate memasuki kota ini sebelum ke baroque di mana terjadi serangan bom yang menewaskan 71 orang dan 240 luka luka pada akhir perang Bosnia 25 mei 1995.

Tanggal 12 april ini KBRI berkesempatan mengisi acara festival internasional wanita di tuzla dgn hadir pembicara utama dari Indonesia, menampilkan gamelan dan promosi kopi Indonesia yg akan berlangsung di galeri pelukis terkenal asal Tuzla Ismet Mujezinovic.

Demikian ceritanya semoga berkenan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: