Cerita Bosnia 51: Jembatan batu Konjic penghubung Bosnia dan Herzegovina

Bila melewati kota Konjic ada masterpiece jembatan masa Turki Usmani selain the old bridge of Mostar dan Visegrad (Mehmed Pasha Bridge) yang semuanya ada di Bosnia Herzegovina. Konjic berada di selatan Sarajevo berjarak 42 km searah bila kita menuju Mostar dari Sarajevo.

 

Menilik tahunnya jembatan ini dibangun pada tahun 1682/83 atas perintah Sultan Mehmet IV Turki Usmani dan di laksanakan pembangunannya oleh Haseci Ali-aga. Konstruksi jembatan berupa 6 tiang penyangga dan panjang antar tiang sekitar 6.72 m sampai 13.56.

Di tengah jembatan terdapat prasasti kapan dan siapa pendirinya. Jembatan ini berada di atas sungai Neretva dan terlihat air sungai mengalir sangat bening kendati ini berada di tengah kota. 

Pada tahun 1945 dalam perang sekutu dan Jerman jembatan ini hancur dan renovasi awal dilakukan pada tahun 1962. Renovasi terakhir hingga menampilkan jembatan seperti aslinya dilakukan pada tahun 2003-2009.

Pada masa Bosnia Herzegovina merdeka, jembatan ini adalah simbol penghubung antara federasi Bosnia di utara dan Herzegovina di Selatan. Kedua wilayah ini bergabung menjadi Federasi Bosnia dan Herzegovina.

Dari spot wisata utama kota konjic lebih banyak kepada eko wisata memanfaatkan hutan sungai dan danau seperti hiking rafting dan olah raga alam lainnya. Selain itu ada bunker Tito ada di kota ini sebagai antisipasi bila terjadi perang nuklir pada masa perang dingin US dan Uni Soviet dulu.

Sekian dulu ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.