Cerita Bosnia 52: The magnificent Bridge over Drina in Visegrad

Satu lagi masterpiece jembatan kuno harus saya kunjungi adalah jembatan Mehmet Pasha Sokolovic yang ada di Visegrad wilayah republik Srpska yang berada di sebelah timur Sarajevo.

 

Kebetulan ada libur Isra Miraj langsung kepikiran untuk mengunjunginya. Cek di google dari sarajevo berjarak 113 km ditempuh kurang dari 2 jam dgn rute tercepat melewati kota Sokolac di jalur M19 dan kota Rogatica di jalur M5.

Alhamdulilh ada juga teman yang mau diajak barengan karena terus terang kesini pertama kali dan memasuki wilayah Srpska yang tantangannya adalah semua petunjuk jalan menggunakan bahasa cirilik dan harapannya adalah pada gps utk menguide kami kesana.

Visegrad berpenduduk 11 rb dgn komposisi Serbs 90 % dan Muslim kurang dari 10% sebelum perang Bosnia wilayah ini komposisinya terbalik Muslim lbh banyak hingga 70%.

Perjalanan ke Visegrad relatif lancar dari Sarajevo ke arah Goradz melewati pegunungan dan beberapa masih diselimuti es. Mendekati visegrad kami sudah dikawal sungai Drina yang lebar dan beberapa tempat ada bendungan dan pembangkit listrik tenaga air. Air sungai berwarna green emerald tenang dan sudah pasti dalam.

Karena wilayah pegunungan perjalanan juga melewati banyak terowongan yang kami hitung ada sekitar 20 buah panjang dan pendek ada yang berlampu ada yang gelap, sebuah perjalanan yang membutuhkan konsentrasi ditambah petunjuk jalan terkait belokan atau turunan dan tanjakan tidak dengan baik dijabarkan pada jalannya.

Memasuki visegrad ditandai dgn plang selamat datang dan langsung terlihat jembatan yang dituju. Kami tidak lsng berhenti tapi ingin mengitari kota dulu dan parkir di kota tua visegrad.

Menapaki jembatan terasa kalo jembatan ini lbh besar dan panjang dibanding 2 masterpiece jembatan di Mostar dan Konjic. Dari ceritanya jembatan ini dipersembahkan oleh Mehmet Pasha Sokolovic seorang pimpinan militer pada masa Turki usmani yg asal Bosnia. Sokolovic lahir pada tahun 1505 dinamakan dgn nama itu merujuk dia berasal dari daerah Sokolovici.

Saat mendapat pendidikan militer di Turki nama Sokolovic mendapat tambahan Mehmet Pasha dan karir terus menanjak hingga menjadi petinggi militer dan dgn kekuasaannya itulah dia dapat memerintahkan utk membuat jembatan ini.

Konstruksi jembatan di lakukan pada tahun 1571-1577 dgn arsitek turki bernama Koca Mimar Sinan dgn pengaruh oriental yg kental. Jembatan memiliki 11 tiang penyangka dan di bagian ujung lainnya di buat menikung menyusuri sungai.

Panjang jembatan 179.5 m dgn lebar 6.30 m dan ketinggian diatas sungai adalah 15.40 m. Bahan dasar jembatan adalah batu tufa yg banyak dijumpai di sekitar visegrad.

Pada tengah jembatan ada ruang duduk utk penjaga dan disebelahnya terdapat prasasti berisi informasi tahun konstruksi dan pembuatnya. Ada tulisan berbahasa arab dan kurang lebih bunyinya

” di Sungai Drina Bosnia ini telah dibangun sebuah jembatan luar biasa megah dan masing masing tiangnya menancap kuat di alur sungai yang dalam dan deras airnya. Pengganti Sokolovic kelak belum tentu mampu membuat jembatan seperti ini. Atas kehendak Allah, Mehmet Pasha membangun ini dan namanya disebutkan sebagai bentuk penghormatan dan terima kasih karena telah membangun jembatan ini yang tidak ada bandingnya lagi di dunia”

Tulisan ini menginpirasi ivo andric untuk menulis buku The bridge on Drina yg mengantarkan dia menerima hadiah nobel di bidang sastra. Jembatan ini masuk Unesco dan ditetapkan sebagai monumen nasional Bosnia Herzegovina pada july 2007.

Renovasi sdh beberapa kali dilakukan yaitu pd tahun 1664 1875 1911 1940 dan 1950-52. Renovasi dilakukan krn rusak banjir dan akibat perang dimana 3 tiang pernah hancur pada PD 1 dan 5 lagi pernah hancur selama PD 2.

Renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2010 dan selesai tahun 2015 kerjasama Turki Unesco BIH pusat dan visegrad municipality total biaya renovasi mencapai 5 juta euro.

Itu informasi terkait jembatan, setelah asik menikmati jembatan mengeceknya hingga kebawah jembatan, kami tergerak mencoba perahu dan dibandrol peorang 10 km atau 5 euro suatu harga yg pantas untuk menimati jembatan dari sungai. Penawar jasa terlihat sopan dan tidak memaksa dan segera kami mengiyakan utk naik kekapalnya.

Benar dari kapal kemegahan jembatan jelas terlihat apalagi saat melintas dibawahnya. Sekitar 30 menit kapal mengantar melihat lihat kota visegrad dari arah sungai.

Setelah jembatan adalagi tempat menarik untuk dikunjungi adalah Andricgrad yang didedikasikan kepada Ivo andric yang mengharumkan jembatan visegrad lewat buku on the drina river.

Andricgrad atau kamengrad merupakan sebuah kota yang merefleksikan semua zaman dari medieval ottoman hingga yugoslavia berisi Ivo Andric Institute, sekolah, gedung pemerintahan gereja toko dan restoran serta bioskop.

Pembuatan Adricgrad diprakarsai oleh pembuat film terkenal Bosnia bernama Emir Kusturica.
Demikian ceritanya semoga berkenan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: