Cerita Bosnia 54 : mengunjungi Gua cantik Bijambare

BIJAMBARE :THE MOST-LOVED CAVE IN BOSNIA

Alam Bosnia Herzegovina banyak menyajikan atraksi yg mengundang kekaguman kala melihatnya mulai dari keanekaragaman flora dan fauna hutan air terjun sungai dan kini gua atau pecina bhs bosnianya. Semua dapat dikemas dengan baik sbg keunggulan wisata bosnia hetzegovina yg saat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Perjalanan dari sarajevo sejauh 48 km bersama teman teman kantor dan keluarga ditempuh cepat kurang dari 1 jam berada pada jalur utama arah Tuzla berada di wilayah Olovo.

Pilihan ke Gua Bijambare sebagai tujuan wisata temen temen kantor bukan lantaran gua saja tetapi treking ke gua sejauh 2 km adalah pilihan untuk sama sama dijalani untuk menjalin kebersamaan. Walaupun sebenarnya ada kereta atau odong2 kita menyebutnya dgn tarif 1 km atau 0.5 euro

Benar saja treking 2 km tidak terasa karena melewati hutan pinus dan pohon lain yg mulai hijau dan berdaun pasca musim dingin yg panjang dan hamparan rumput menghijau menyejukkan mata. Sayangnya sdh akhir april suhu masih dingin dan ditandai tumpukan es masih dijumpai di beberapa tempat.

Danau yg dijumpai juga menyajikan view yg cantik dengan air kehijauan mengalir ke salah satu gua dan kala memasuki gua itu suara sungai di bawah tanah itu nampak bergemuruh. Gua yang ada kali didalmnya itu bernama Dimsina berada persis di tepi treking di dekat jembatan kayu.

Tidak jauh dari situ dijumpai sebanyak 39 steci. Steci adalah peninggalan sejarah untuk makam zaman dahulu dengan batu besar menyerupai bentuk trapesium dan altar batu.

Perjalanan lanjut ke sebuah rumah sebagai cafe dimana pengunjung dapat beristirahat ada sebuah cafe dan arena mainan anak untuk selanjutnya memasuki gua bijambare.

Gua bijambare berada berada pada lereng bukit Ilidza. Gua berada pada ketinggian 950 m dalam konservasi hutan pinus yg rimbun didalamnya seluas hampir 500 ha dimana ada sungai dan danau.

Memasuki gua ada jam jamnya dan harus dengan pemandu. Gua di buka setelah beberapa grup wisatawan datang dan lampu lampu di gua dinyalakan walau temaram dan sdh ada trek jalan kaki dengan jalur yg sdh disiapkan berupa jalan tangga bahkan lubang dimana kita harus menunduk melewatinya.

Yang menarik perhatian saya petugasnya cuma satu yang buka kunci ke gua nyalakan lampu jual tiket jadi guide dan supir kereta odong odong dia dia juga. Tiket masuk dibandrol 3 km atau 1.5 euro. Yang herannya juga objek wisata ini selalu bersih meski tdk telihat banyak petugasnya.

Lumayan seru melewati gua ini jalan yg sempit membuat kita harus beriringan memasukinya. Pemandangan pertama adalah patung orang purba yg menjadikan gua sebagai rumah. Batu batuan berupa stalagtit dan stalagmit dan ornamen dinding gua dan langit langitnya sungguh mengagumkan. Panjang trek gua lumayan 420 m dengan 4 ruangan lebar didalamnya. Diakhir ada ruang yang lebar yang disebut music hall yang akustik dan bila kita bicara efek gaung terdengar.

Dalam komplek bijambare ada beberapa cave, namun hanya 3 gua saja yang bisa di explore yakni Gornja cave atau upper cave, Donja cave atau lower cave dan Srednja cave atau mid cave. Buat kita Srednja cave atau bijambare cave juga sudah cukup memuaskan kita.

Perjalanan dari gua dilanjutkan ke sebuah resto didekat sana bernama Kulin Dvor yg terkenal dgn sajian makanan bosnia yang lezat dan berada di samping sungai kecil yg airnya mengalir jernih.

Demikian ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.