Megah dan Kuatnya Benteng kota Tua Dubrovnik

WALLS OF DUBROVNIK : THE GREATEST DEFENSE SYSTEM IN ITS ERA

Kala mengunjungi Dubrovnik yg terbersit pertama kali adalah Game of Throne dalam episode king’s landing atau Star wars episode 8.. Setelah datang liat sendiri dan mengunjungi Benteng Dubrovnik ini memang betul konstruksinya megah dan ada benar juga bila dipilih sebagai setting film epic tersebut.

Beruntung saya yg di sarajevo mendapati Dubrovnik lbh dekat hanya 200 km dibanding dari Zagreb ibukota Croatia yg berjarak 600 km padahal Dubrovnik masuk wilayah Croatia.

Ada yg unik dalam perjalanan menuju Dubrovnik adalah bila kita melewati jalur utama dari Mostar Pocitej kita akan masuk Metcovic wilayah Croatia dan setelah itu masuk Neum wilayah Bosnia lagi dan keluar memasuki Croatia untuk menuju Dubrovnik. jadi Dubrovnik secara geografis terpisah dari Croatia dan orang Croatia bila jalan darat itu harus menggunakan paspor.

Ke Dubrovnik mata akan dimanjakan dengan pemandangan laut Mediterania setelah menyusuri sungai Neretva dari Konjic dan Mostar.

Setelah melewati jembatan kabel tinggi tanda selamat datang Dubrovnik dtemui dan saya langsung ke Kota tua Dubrovnik tidak sabar melihat bangunan benteng yang dibangun pada abad 13 yang dibuat mengelilingi kota sepanjang 1940 m.

Awal masuk benteng adalah lewat Pile Gate pintu sebelah barat setelah sebelumnya explore benteng Lovrijenac yang berada diluar tembok dubrovnik. Lovrijenac ini dibangun lebih awal sebelum tembok yaitu pada abad 11 tinggi menjulang diatas karang yang tujuanya menghalau bangsa Venesia.

Dari pile gate ini adalah pintu paling ramai walau saya ketahui ada 4 pintu lain memasuki benteng yaitu Ploce gate Ponta Gate Pescarija gate dan Buza gate.

Setelah masuk saya langsung melihat beberapa bentengnya yakni benteng Bokar di sebelah barat daya benteng dan Minceta Fort mengapit jalan utama tembok yaitu Placa. Di Placa deretan bangunan style baroque berjajar rapi di Placa. Begitu juga fountain gereja katedral dan Orthodox sedang mesjid berada agak belakang.

Dari Placa arah masuk pile gate kita keluar Pescarija mendapai Harbour sebagai tempat shotting GOT dalam episode King’s landing itu. Dari harbour terdapat benteng St John kanan harbour atau sisi tenggara dan benteng Revelin di sebelah kiri atau timur benteng. Harbour ini diisi kapal kapal wisata keliling Dibrovnik dgn tarif rata rata 10 Euro untuk 45 menit pesiar.

Menyaksikan kemegahan benteng dan berjalan mengelilinginya merupakan keasyikan tersendiri kebayang bila musuh datang dari laut menggunakan kapal menjadi mudah terpantau dengan sistem monitor benteng2nya yg tinggi dan letaknya strategis di semua penjuru baik dari arah laut maupun daratan.

Dari cerita yang ada lewat tembok dan bentengnya ini yang selesai pada abad 15 telah menjadikan rakyat dubrotnik menikmati kemerdekaan dari bangsa yang kala itu suka berperang saling menguasai antar kerajaan di eropa.

Dari zaman kejayaan dinasty Byzantium,  kerajaan bosnia dan superioritasnya bangsa Turki sama sekali tidak mampu menjajah bangsa Dubrovnik adalah bukti ampuhnya sistem pertahanannya itu.

Untuk lebih puas melihat tembok dubrovnik esoknya saya berkendara menuju highest point Dubrovnik. Mencapai ini ada 2 cara dengan mobil atau gondola yang dipatok 20 euro pp. Dari atas terpampang jelas tembok dan benteng Dubrovnik yang berdiri megah dengan atap seragam berwarna merah di laut mediterania

Tembok benteng dan gate model dubrovnik itu sebagai sistem pertahanan kala itu sangat dikenal dan memberikan pengaruh kepada bentuk bangunan benteng yang ada di Bosnia Herzehovina.

Model sistem pertahanan benteng Dubrovnik ini juga menginspirasi benteng2 pada masa kerajaan Bosnia seperti di Pocitej di wilayah Herzegovina saat ini, lalu Jajce dan Vranduk di Bosnia tengah hingga benteng benteng pada masa Turki Usmani seperti di Stolac Travnik dan Vratnik di Sarajevo.

Untuk tembok Vratnik Ahmed-Pasha kala itu mengambil 5 arsitek dari Dubronik untuk membangun sistem.pertahanan serupa seperti Dubrovnik. Tembok ini mampu menahan gempuran tentara Austro Hungari kala itu sehingga Bangsa Vratnik Sarajevo cukup lama merdeka dalam benteng hingga 3 abad sampai akhirnya dikuasai Austro Hungaria 1878.

Demikian ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: