Keistimewaan Umat Muhammad dari Bani Israel

keturunan-bani-israil-tidak-menerima-perlakuan-baik-dari-mesir-_140804202135-275

Surat Ali Imran 3: 110. “Kalian adalah umat terbaik” …

Dalam kitab usfuriyah Umat Muhammad saat ini adalah yang terbaik dalam artian mau mengikuti sunah Muhammad SAW tanpa perlu dikuatkan dengan bukti atau mujizat. Umat sebelum Muhammad SAW seperti Umat Musa AS yaitu Bani Israel, selalu banyak tanya dan sulit untuk diatur kalau tidak diberikan bukti berupa mujizat.

Bani Israel adalah umat pilihan sebagaimana firmanNya yang diakui dan sangat tinggi kecerdasannya. Saking tingginya segala sesuatu harus dapat dibuktikan secara nyata dan empiris.  Bani Israel bertanya kepada Musa AS bagaimana wujud Tuhanmu?. Lalu Tuhan  memenuhi hal ini yang menyebabkan Musa AS tersambar halilintar seperti Firman Allah SWT:

Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: Hai Musa, kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan terang, karena itu kamu disambar halilintar, sedang kamu menyaksikannya. Setelah itu Kami bangkitkan kamu sesudah kamu mati, supaya kamu bersyukur(Albaqarah 2:55-56)

Pertanyaan lain apakah Tuhanmu tidur? Kepada Musa AS, Tuhan memberikan perumpamaan dengan meletakkan bejana di kedua tangan Musa AS. Allah kemudian menidurkan Musa AS dan langsung 2 bejana tersebut jatuh pecah berantakan. Katakan hai Musa kepada Umatmu seandainya Aku Tidur pastilah alam ini hancur sebagaimana perumpamaan tersebut.

Firman Allah : “Kantuk dan tidur tidak dialamiNya” Albaqarah 255

Bani Israil memang menjadi musuh sepeninggal nabi Musa terhadap umat nabi Daud umat Nasrani hingga nabi Muhammad. Keberadaan Bani Israil menambah berat beban umat Muhammad di akhir zaman dengan bujukan keduniaan mereka yang semakin melenakan umat manusia.

Wallahu a’lam

3 Comments Add yours

  1. sayyid says:

    Assalamualaikum wr.wb,
    Surat Ali Imran 3: 110. “Kalian adalah umat terbaik” …

    Sebenarnya umat Muhammad itu tidak ada yg ada adalah umat islam.
    Seluruh nabi/rasul membawa agama tauhid (islam).
    Jika kita mengatakan bahwa kita adalah umat Muhammad berarti kita sangat egois.

    wassalamualaikum wr.wb,

    ustadz sayyid habib yahya

  2. sayyid says:

    Assalamualaikum wr.wb,
    perlu saya jelaskan pernyataan saya di atas mengenai surat ali imran ayat 110.

    110. كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
    Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

    yg artinya inshaaAllah,
    umat islam pemegang kitab alquran adalah umat yg terbaik sekiranya ahli kitab tidak mengubah kitab mereka sendiri sudah tentu itu lebih baik bagi mereka,diantara mereka ada yg masuk islam tetapi kebanyakan mereka lebih senang dengan pengubahan itu.

    wassalamualaikum wr.wb,

    ustadz sayyid habib yahya

    1. mahendraza says:

      waalaikum salam
      terima kasih atas masukannya ya ustadz Sayyid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.