harta 2

Pada hari hisab nanti setiap diri akan ditanya tentang 4 perkara, yakni tentang umurnya, badan/raganya, ilmunya dan hartanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Tidak bergeser kaki seorang hamba sehingga ia akan ditanya tentang 4 perkara yaitu:

  1. Tentang umurnya untuk apa ia habiskan?
  2. Tentang badannya untuk apa ia gunakan?
  3. Tentang ilmunya untuk apa ia amalkan?
  4. Tentang hartanya darimana ia dapatkan dan kemana ia belanjakan?. (H.R Attarmizi)

Dari 4 perkara itu, 3 perkara masing-masing 1 pertanyaan, sedangkan harta yang mendapat 2 pertanyaan yaitu:

Pertamadari mana harta kita dapatkan?Allah menyukai bila harta diperoleh dengan jalan halal, namun tidak sebaliknya dengan cara seperti menipu, mencuri, korupsi, riba, rentenir dan merampas hak orang lain.

Kedua, kemana atau untuk apa harta tersebut dibelanjakan?. Tuhan menyukai bila harta tersebut dinafkahkan di jalan Allah termasuk kepada keluarga, bukan untuk  berfoya-foya, bermegah-megahan, dan menghambur-hamburkan harta, apalagi digunakan untuk tujuan jelek dan maksiat..

Karena itu hati-hatilah terkait harta, apakah sudah diteliti terkait dengan halal dan haramnya sebagai refleksi dari sifat wara’ seseorang atau apakah sudah dipenuhi haknya atau dibersihkan (dalam artian dizakatkan atau disedekahkan). Dengan demikian memiliki harta yang banyak juga tersimpan amanat dan tanggung jawab yang besar pula. Begitupula kebalikannya sedikit harta, maka sedikit pula amanat dan tanggung jawabnya.

Wallahu a’lam