6 Makhluk dengan derajat tertinggi karena ketawadhuannya

santri_doa

Dalam kitab Duratun Nasihin yang dikutip dari kitab Mauidhatul Hasanah (AlMarghubah) dinyatakan bahwa ada 6 makhluk yang diangkat derajatnya oleh Allah melebihi lainnya berkat tawadhunya yaitu:

1. Bukit Al Judi

Allah mengumumkan bahwa kapal Nabi Nuh As akan ditempatkan di bukit bukit. Dgn pengumuman itu semua bukit merasa congkak kecuali satu bukit bernama Al Judi. Bukit itu hanya berkata “mungkinkah diriku beruntung memperoleh kemulyaan karena ditempati kapal Nabi Nuh As oleh Allah diatas punggungku?..Maka dengan tawadhunya itulah bukit Al Judi diangkat  derajatnya oleh Allah melebihi seluruh bukit lainnya di dunia.

Firman Allah :’ Dan kapal Nabi Nuhpun berlabuh di atas bukit Al Judi, yakni sebuah bukit yang terletak di Armenia selatan, tapal batas dengan mesopotamia/Mosul (Hud 44)

2. Bukit Thursina

Allah mengumumkan bahwa Allah akan berbicara langsung dengan salah seorang hambaNya di sebuah bukit. Maka berbanggalah segenap bukit, kecuali bukit bernama Thursina, ia tawadhu kepada Allah, sahutnya, “Mungkinkah diriku dipilih oleh Allah untuk itu? Maka berkat tawadhunya itu, Allah memilihnya sebagai tempat pembicaraan langsung Allah dengan nabi Musa AS

3. Ikan di laut

Diumumkan kepada segenap ikan dilaut bahwa Allah bakal menempatkan salah seorang Nabi Nya yang bernama Yunus As didalam perut salah seekor ikan. maka berbanggalah seluruh ikan, kecuali seekor ikan yang merendah katanya: “Siapalah diriku ini , kenapa perutku ingin ditempati oleh salah seorang Nabi Allah?” maka dengan sikapnya yang merendah itulah, Allah mengangkat derajatnya dan memulyakannya.

4. Lebah

Diumumkan pula pada segenap burung burung/makhluk yang pandai terbang, bahwa Allah bakal meletakkan air/minuman yang dibuat obat mujarab bagi manusia, pada seekor burung. Maka berbanggalah semua burung dengan adanya pengumuman itu, kecuali lebah. Sahutnya: “Apakah mungkin Allah meletakkan obat mujarab bagi manusia pada diriku?” maka dengan tawadhunya itulah Allah memilihnya dan meletakkan obat di rongga mulutnya.

5. Nabi Muhammad As

Nabi Ibrahim ketika ditanya oleh Allah : Siapakah anda ? Jawabnya : “Akulah kekasihMu/Khalilullah. Dan kepada Nabi Musa As: Siapakah Anda ? jawabnya: Akulah orang yang diajak bicara langsung oleh Allah / Kalimullah dan Kepada nabi Isa As : Siapakah Anda? jawabnya: Akulah Ar Ruh. Sedang Nabi Muhammad Saw ketika di tanya oleh Allah: Siapakah Anda ? Beliau Saw :” Aku hanyalah seorang anak yatim”. Maka dengan jawaban penuh tawadhu inilah, Allah mengangkat derajat beliau melebihi seluruh para nabi.

Firman Allah : Dan Tuhanmu pasti bakal melimpahkan karunia kepadamu, lalu puaslah hatimu (Adl-Dluha 5)

6. Orang Mukmin

Orang mukmin yang suka tawadhu kepada Allah, dengan mengesakan Allah, bersujud/menjalankan shalat, taat menyembahNya, pasti Allah memulyakannya dengan melapangkan dada/hati dan fikirannya menerima Islam secara bulat, itulah orang orang yang diterangi oleh Nur/cahaya dari Allah SWT .

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.