ular

faabae0a-255c-42c6-a56a-3eb45648916e Zakat adalah rukun Islam ke 3 dan hukumnya setiap mukmin wajib mengeluarkan zakat. Zakat disamping sebagai ibadah vertikal untuk memenuhi perintah Allah juga diakui efektif dalam mendukung tata sosial terkait pendistribusian zakat yang diberikan kepada yang membutuhkan.

Dalam hal ini Allah menjanjikan pahala yang berlimpah dan derajat yang mulia bagi yang suka berzakat. Namun  sebaliknya memberikan azab bagi yang melalaikannya.

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah Saw pernah bersabda :

Siapa yang dikarunia Allah kekayaan, tetapi tidak mengeluarkan zakatnya maka pada hari kiamat nanti ia akan didatangi seekor ular jantan gundul yang sangat berbisa dan menakutkan dengan dua bintik di atas kedua kelopak matanya. Dan ular itu akan membelit dan mematok lehernya seraya berujar, “Aku adalah kekayaanmu dan yang kau timbun timbun dulu”

Kemudian Rasulullah Saw membaca surat Ali Imran ayat 180:

“Janganlah orang orang kikir dengan karunia yang diberikan Allah kepada mereka itu mengira kalau tindakannya itu baik bagi mereka. Tidak melainkan buruk bagi mereka; segala yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan di leher mereka pada hari kiamat.

(ketawa sehat bareng ahli fiqih, Khaeron Sirin)

Wallahu a’lam