Cara Shalat Khusyuk Hatim Al Asham

shalat-1

Cara Shalat Hatim Al Asham

blue-s-the-letter-s-39994115-300-300 Shalat khusyuk adalah soal yang sangat susah dan tidak semua orang mampu melakukannnya. Untuk itu ada baiknya untuk meminta pendapat ulama terkait bagaimana agar shalat dapat khusyuk.

Dalam hal mengupayakan diri agar dapat berlaku demikian ada ucapan Imam Hatim al Asham yang maknanya luas dan komprehensif  agar shalat dapat khusyuk sebagai berikut:

Ketika memulai shalat aku merasa ka’bah di depanku, kemudian aku berdiri diantara harapan dan ketakutanku kepada Allah, sementara Allah melihatku, surga di kananku, neraka di kiriku, shirathal mustaqim di telapak kakiku, dan izrail telah menunggu di belakangku yang siap menyabut nyawa dan aku mengira ini adalah shalat terakhir yang aku lakukan.

Kemudian aku niat dan membaca takbir dengan baik, membaca ayat sambil memikirkan artinya, ruku dengan penuh kerendahan, sujud dengan penuh kehinaan, tasyahud dengan penuh pengharapan akan rahmatNya, dan membaca salam dengan hati yang Ikhlash. Inilah bentuk shalatku sejak 30 tahun” (Hatim al-Asham).

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.