2372261

Nabi Saw bersabda:

“Bentengilah hartamu dengan membayar zakatnya dan berobatlah untuk menghilangkan penyakitmu dengan bersedekah, dan hadapilah segala macam cobaan / bahaya dengan doa dan tadarru(merendah diri kepada Allah”.

Ada seorang Nasrani yang sangat penasaran ingin membuktikan kebenaran hadist  ini yang dikisahkan sebagai berikut:

Hasan dari Nabi Saw: Saat beliau menceritakan hadis ini, lewatlah seorang Nasrani mendengar ini. Dia terpanggil untuk mengamalkan hadis ini dengan mengeluarkan zakat bersedekah. Kemudian ia pergi dan berniat mengirimkan dagangannya ke mesir kepada temannya dan berkata:

“Jika benar hadis yang dikatakan Muhammad, pasti hartaku akan terjaga dengan menunaikan zakat dan aku bersedia masuk Islam, beriman kepada Allah. Tetapi apabila sebaliknya, maka aku akan datang kepada Muhammad membawa pedang dan membunuhnya”.

Tiba tiba datang berita dari kafilah lewat surat yang menyatakan bahwa dagangannya dalam perjalanan telah dihadang perampok dan semuanya dirampas. Alkisah mendengar itu Nasrani marah dan berniat mendatangi Muhammad menghunus pedang untuk membunuhnya.

Namun tidak lama sesudah itu datang temannya mengantar surat  yang isinya: “Kamu jangan sedih, kebetulan aku berada di belakang kafilah, memang ada perampok menghadang, namun aku dan semua harta kita selamat. Selanjutnya nasrani berkata: Benar dia kata katanya, dan ia seorang Nabi yang benar pula. Kemudian ia pergi menghadap Nabi Saw dan berkata : ” Ya Rasul, bentangkanlah kepadaku tentang ajaran Islam”. Akhirnya ia beriman dan menyatakan keagungan agama Islam.

Dari uraian dan kisah  ini jelas bahwa keberkahan dan milik suatu harta benda yang kita miliki itu akan terjadi kalau kita taat membayarkan zakat atau sedekahnya. Sering kita perhatikan ada seseorang yang mudah kehilangan atau harta benda tidak terjaga, ternyata memang mereka lalai menunaikan sedekahnya atas harta bendanya itu.

Selain dengan harta itu, dalam hadist disebutkan juga kesehatan yang ternyata memiliki korelasi yang sama  antara orang yang senang bersedekah dengan kesehatan tubuhnya.

Benarlah Sabda Rasul Saw

Wallahu a’lam