Ingat mati 16 : Kesaksian baik orang mukmin pengantar surga bagi si mayit

0.76142100-1516088295-830-556

JIKA seseorang mati, kemudian Allah Ta’ala membiarkan lisan orang-orang Mukmin menyebutnya baik, memujinya dengan sebutan-sebutan yang benar, serta ucapan-ucapan baik lainnya, kuat diduga bahwa dia memang orang baik.

Rasulullah Saw bersabda,

“Sungguh, jika Allah mencintai seorang hamba, Dia akan memanggil Jibril dan berfirman, ‘Sungguh Allah mencintai si anu, maka cintailah ia olehmu.’ Maka Jibril pun mencintainya. Kemudian diserukan di seantero langit, `Sungguh Allah mencintai si fulan, maka cintailah ia.’ Dan seluruh penghuni langit pun mencintainya, kemudian ia pun diterima bumi.”

Ada kisah dalam buku Riyadhus shalihin yang menyatakan bahwa kesaksian baik yang diterima si mayit adalah wajib baginya untuk mendapatkan surga sebagai berikut :

Suatu ketika, ada sekelompok orang mengantarkan jenazah untuk dikuburkan. Kebetulan iring iringan jenazah itu lewat di depan Rasulullah Saw dan para sahabatnya.

melihat iring iringan itu, para sahabatpun membicarakan dan memuji kebaikan kebaikan orang yang meninggal tersebut. Mendengar pujian dan kebaikan yang diceritakan para sahabat tentang si mayit itu, Rasulullah Saw kemudian berkata: Oh berarti wajib baginya.”

Mendengar ungkapan tersebut, Umar bin Khatab merasa penasaran dan bertanya kepada beliau, “Apa maksud engkau mengucapkan “wajib baginya” ya Rasulullah?.

Rasululullah Saw pun menjawab sambil tersenyum : Maksudku, terhadap orang (si mayit) yang telah kalian puji kebaikannya, maka wajib baginya masuk surga, karena kamu sekalian merupakan saksi Allah di muka bumi ini atas kebaikannya (si mayit) itu.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.