Cerita Bosnia 5: Obrolan ringan kala sarapan

40684039_10214636483560255_6517096105509912576_n

Seminggu di Sarajevo saya sdh merindukan sarapan nasi uduk dan bubur ayam mengingat setiap hari menunya ga jauh dari omelette sosis zaitun kacang merah mentimun dan aneka roti.

Karena tugas ya harus dibiasakan. Ada hal yang lucu selama sarapan…saat sarapan saya minta pelayan Krn melihat air tdk tersedia.” Pelayan tolong minta mineral water” katanya “.

“Baik saya ambilkan”, katanya datanglah sebotol mineral water merk Kiseljak. Lsng saya minum karena haus. ..glek glek….lah kok bersoda…dalam hati bukan minuman ini tapi air biasa. Ya sudah saya terima dan minum az.

Saya tanya teman dia bilang” kamu salah kenapa bilang mineral water harusnya natural water”. ” Salah siapa di Indonesia keduanya ga ada bedanya” kata saya ngeles drpd malu.

Terkait air kemasan ini ada yg aneh, karena merk air kemasannya banyak nama wanita ada Jana Ella Ieda dan Vivia. Ada guyonan orang berbahasa arab sebelah saya ngerti dikit dikit sih saya, kala seorang dari mrk menawarkan air ” kamu mau yg mana Jana Ieda Vivia atau Ella?.

Temennya terkaget ditawarin nama nama perempuan dia bilang spontan ” yg lokal.az kali ya Jana”…lanjutnya cantikkah? Masih gak sadar rupanya dia bertanya dgn polosnya.

Temannya yg nawarin itu tertawa yg lainnya juga ikutan ” denger ya Saya itu mau nawarin air mau yg merk Jana Ella Vivia apa Ieda bukan perempuan?

Temennya tersadar kalau bukan itu maksudnya dan dia sempet malu tapi kemudian dia tertawa. Lumayan rame disarapan pagi kita hari itu.

Candaan serupa ini sudah umum di Arab dan memang kejadian malah melibatkan kepala negara Tunisia dan Libya. Kala itu Presiden Ben Ali Tunisia menawarkan minuman kepada Presiden Khadafi. “Mau Sabrina, Marwa, Forati dan Safia? dijawab spontan oleh Khadafi : “Harim Badin” maksud Khadafi mendengar nama nama cantik itu soal harim nanti saja katanya. Minuman kemasan di Tunisia memang memiliki nama nama cantik yang disebutkan Presiden Ben Ali itu.

Ada info kalau air mineral Kiseljak adalah air mineral terbaik di dunia menyabet emas pada kompetisi air mineral di AS. Kiseljak adalah nama pegunungan di Bosnia menghasilkan air mineral yg sdh berkomposisi asam atau bersoda langsung dari alam.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.