Cerita Bosnia 24: Mostar dan Old Bridgenya

 

Perjalanan saya kali ini istimewa sekalian mengantar tamu ke Mostar. Denger dengar kota ini cantik dan tau saya disuruh kesana ya seneng banget.

 

Perjalanan ke Mostar ditempuh cukup cepat sdh tentu karena pengawalan yg biasanya 3 jam menjadi hanya 2 jam. Jarak Sarajevo ke Mostar sebenarnya hanyalah 130km, cuma kondisi jalan yg berkelok kelok dan menembus gunung lewat beberapa terowongan itulah yg menghambat laju kendaraan. Dari Sarajevo kota yg dilewati adalah Konjic Jablanica dan Mostar .

Walau perjalanan diiringi hujan rintik rintik pemandangan di perjalanan sangat indah..apalagi saat menyusuri sungai Neretva di sisi jalan saat itu berwarna hijau airnya. Sungai Neretva adakah sungai terpanjang di Bosnia Herzegovina sepanjang 230 km berhulu dari pegunungan Alpen Dinari dan bermuara ke Adriatik. Sungai ini adalah sumber air minum dan pembangkit listrik lewat beberapa waduknya.

Sesampainya di Mostar saya dan rombongan masuk lewat sisi barat kota tua Mostar yg komunitasnya adalah kristen yg ditandai adanya Katedral. Tujuannya adalah old bridge sbg daya tarik utama Mostar.

Dari sini saya mengakui benar adanya bahwa Mostar adalah kota besar Herzegovina yg sarat dgn peninggalan sejarah dan budaya. Kota ini berkembang pada masa Turki Usmani dari tahun 1482 – 1878 dimana banyak situs peninggalan Islam yg dibangun di sekitar mesjid utama kota itu seperti Mehmet Pasha Mosque.

Old bridge menjadi sangat terkenal sbg peninggalan klasik desain Turki Usmani yg masih ada kokoh hingga sekarang. Jembatan ini melintasi sungai besar Neretva yg sudah kita susuri sebelumnya itu. Jembatan ini dibangun pada tahun 1566 atas perintah Sultan Sulaeman Al Qanuni dgn panjang 28 m dan tinggi 20 m. Dgn ukuran begitu terlihat sepintas jembatan ini berbentuk setengah lingkaran

Jembatan ini memiliki arti penting sebagai simbol krn menghubungkan wilayah muslim di timur dengan kristen di barat. Saat perang Bosnia tahun 1993 jembatan ini dihancurkan..dan krn pentingnya simbol persaudaraan dari jembatan ini maka sejak tahun 2003 mulai dibangun kembali sesuai aslinya.

Pada tahun 2004 renovasi selesai dan diresmikan oleh pangeran Charles dan jembatan dijadikan situs penting warisan budaya dunia oleh UNESCO. Sejarah old bridge saat hancur dan dibangun kembali itu di putar di dalam museum dekat jembatan.

Jembatan ini kini sangat masyur dan atraksi turis berkembang di dua sisinya seperti aneka kafe resto dan toko souvenir disekitar jembatan ini.

Saya berkesempatan melihat atraksi pemuda lokal memperagakan lompat dari jembatan sbg daya tarik turis. Awalnya dia minta 50 euro utk sekali lompat dan akhirnya ditawar sepakat 25 Euro. Saya bukan masalah liat berani lompatnya cuma gak kebayang betapa dinginnya air sungai Neretva saat ini.

Menurut info memang jembatan ini jg sebagai ajang tahunan para divers utk unjuk kebolehan melompat dari jembatan ke sungai Neretva kala musim panas. Penilaian juri jg sederhana dari suara dan cipratan air kala mendarat di air. Yg Juara adalah yg minim suara dan cipratan airnya.

Kejuaraan lokal itu dibuat utk para divers lokal setiap bulan juli dan penyelenggaraan tahun 2018 adalah yg ke 452.

Kejuaraan internasional juga diselenggarakan seperti dalam Redbull Cliff Diving world series tahun 2018 yg keluar sbg juara adalah Gary hunt (Inggris)an Andriana Jimenez(Mexico).

https://youtu.be/63rLIJHx8e4

Cukup berkesan perjalanan kali ini..namun waktu yg mepet kita hrs segera kembali. Dalam otw pulang kita membeli jeruk dari petani dan mampir diresto kambing guling Zdrava Voda. Restonya besar berada dipinggir sungai Nerevka..pasti indah kalo siang hari..sayangnya kita sampai sdh malam.

Teknik bakar kambingnya sangat menarik menggunakan kincir tenaga air yg bisa memutar kambing diatas pembakaran. Satu hari kala.musim panas resto menghabiskan 100 kambing dan kala musim dingin hanya 15 kambing. Saya coba kambingnya memang lezat dan empuk.

Demikian ceritanya semoga berkenan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: