Kecerdasan Ali Bin Abi Talib menerangkan 5 makhluk yang lahir tanpa ibu

on

ular musa

Secara logika semua makhluk yang lahir adalah lewat ibu, namun Allah memberi bukti kebesaranya bahwa lahirnya suatu makhluk dapat terjadi tanpa ibu. Pertanyaan mengenai 5 makhluk lahir tanpa ibu, hal ini merujuk pada kisah saat Rahib Yahudi menanyakan hal ini kepada Umar Ibn Khatab. Rahib yahudi ini bersedia masuk Islam bila Umar Ra dapat menjawabnya.

Umar Ra kala itu tidak langsung menjawab, posisinya sebagai khalifah memiliki kuasa untuk meminta Ali Bin Abi Thalib untuk menjawabnya. Kecerdasan Ali sangat dikagumi dan Umar yakin hal itu dapat dijawab Ali dengan mudah.

Ali Bin abi thalib itu kemudian dihadapkan kepada para pendeta itu dan mengulangi lagi pertanyaan mereka kepada Ali :

“Beritahu kepada kami tentang 5 makhluk yang berjalan di atas permukaan bumi, tetapi tidak satu pun di antara makhluk-makhluk itu dilahirkan tanpa ibu atau induknya”

Sayidina Ali menjawab: dan menagaskan bahwa semua makhluk itu telah disebutkan dalam Al Quran.

“5 makhluk tersebut adalah: Adam, Hawa, Unta Nabi Salleh, Qibasy Nabi Ibrahim (yang ditukarkan bagi menggantikan sembelihan Nabi Ismail a.s.), dan Tongkat Nabi Musa (yang menjelma menjadi ular).”

kita uraikan satu satu

1 . Nabi Adam : 
Diciptakan oleh Allah daripada tanah yang berwarna  putih, hitam, kuning, coklat, dan merah. Nabi Adam tidak mempunyai bapak dan ibu. Nabi Adam tercipta begitu saja tanpa proses kelahiran dari seorang ibu. Begitulah kebesaran Allah yang berkuasa berbuat sesuatu.

2. Siti Hawa : 
Siti hawa telah dijadikan oleh Allah dari tulang rusuk kiri Nabi Adam ketika berada di dalam Syurga. Diriwayatkan, ketika Nabi Adam tidur, Allah telah menciptakan Hawa sebagai penemannya di dalam syurga. Hawa juga tercipta tanpa adanya kelahiran dari seorang ibu. Hawa tercipta dengan begitu saja tercipta atas kehendak Allah swt.

3. Ular Tongkat Nabi Musa : 
Ular yang sangat berbisa yang bertukar dari tongkat Nabi Musa, yang memakan kesemua ular-ular ahli sihir Firaun. Ular Nabi Musa ini bukanlah ular olok-olok ataupun ular bayangan yang hanya sekadar permainan sihir. Ular tongkat nabi Musa ini memang betul-betul ular dan ular ini tercipta begitu saja tanpa adanya proses kelahiran, telur dan sebagainya dari ular yang lain. Allah Maha Besar menciptakan sesuatu.

4. Unta Nabi Salleh : 
Kaum Tsamud meminta Nabi Musa menunjukkan mukjizatnya bagi membuktikan kenabiannya. Maka dengan izin Allah, terbelahlah batu karang di sisi sebuah bukit dan keluarlah seekor unta betina.

5. Kambing biri-biri / kibas dalam kisah Nabi Ibrahim : 

Nabi Ibrahim telah diperintahkan untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail. Ketika Nabi Ibrahim sedang menarik mata pisaunya, dalam sekejap mata Nabi Ismail telah digantikan dengan kambing biri-biri oleh Malaikat Jibril atas perintah Allah. Dari peristiwa ini lahirlah kewajiban umat Islam untuk berkorban.

Peristiwa awalin atau penciptaan kejadian awal nabi Adam dan Siti Hawa, nabi Isa As lalu makhluk lainnya yang dilahirkan tidak melalui ibu  itu menunjukkan hikmah kemutlakan kekuasaan Allah.

Wallahu a’lam

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.