bismillah-nature

3 hal yang tidak boleh dilupakan ketika melakukan kebaikan yaitu :

1.Niatkan sebagai ibadah

Jangan lupa memasang niat untuk ibadah di setiap melakukan sesuatu. Supaya apa? Supaya menjadikan setiap aktivitas yang bernilai baik menjadi ibadah kita kepada Allah.

Misal dicontohkan, seseorang yang mengajarkan stafnya suatu pekerjaan di kantor. Maka bila ia bisa meniatkan ini sebagai ibadah, maka apa yang diajarkannya itu bernilai ibadah. Bukan sekedar kabaikan dunia belaka. Pokoknya niatkan ibadah, niatkan ibadah, niatkan ibadah, terhadap apapun yang akan kita lakukan.

2.Awali selalu dengan basmalah

Sabda Rasul, setiap kebaikan yang diawali dengan basmalah, maka keberkahannya ada. Dan bila tidak membacanya, maka tidak akan ditemukan keberkahan.

Membaca basmalah adalah sesuatu yang kadang kita remehkan. Sehingga kadang terlewatkan. Dan kebanyakan dari kita membaca basmalah hanya ketika makan saja. Padahal di banyak aktivitas di kehidupan ini kita memerlukan keberkahan di setiap sudutnya.

Maka dengan membaca basmalah sama dengan memberi keberkahan di setiap gerakan aktivitas yang kita lakukan. Pergi ke kantor, baca basmalah. Pergi belajar, baca basmalah. Mengerjakan proyek dan kerjaan, baca basmalah. Menggaji karyawan, baca basmalah. Naik mobil, naik bis, naik motor, buka payung ketika hujan, masuk masjid, memulai shalat…apapun, baca basmalah, supaya berkah.

3.Lakukan hanya yang baik baik

Sebab sebaliknya, bila kebaikan bisa mengalir, maka keburukan juga bisa mengalir. Jaga diri danya dengan mengerjakan kebaikan. Bila kita bisa menjaga diri hanya melakukan kebaikan, Insyaallah hanya kebaikan juga yang akan kita dapat dari Zat yang memelihara kehidupan ini.

Sungguhpun kadang kita masih mendapatkan keburukan, maka keburukan itu hanyalah sebagian dari ujian Nya saja, atau untuk menyadarkan kita, bahwa kita ini masih manusia, tidak berhak mengatur masa depan dan segala kejadian.

(Dari buku Mencari Tuhan yang hilang Ustadz Yusuf Mansur)

Walahu a’lam