Cerita Bosnia 11: Kemana saja weekend di Sarajevo

scc

KEMANA SAJA WEEKEND DI SARAJEVO

Setelah 3 Minggu di Sarajevo,Saya mengamati kira kira kemana saja warga menghabiskan akhir pekan di kota Sarajevo ini. Kotanya tidaklah luas hanya 151 km2 seperempat dari kota Jakarta yg luasnya mencapai 662 km2. Padanan yg pas luasnya adalah wilayah Jakarta Selatan.

Utk model saya yg suka jalan akan cepat kota ini di jelajahi wajar teman teman saya bilang ” Nyantai bro jangan buru buru pengen kemana kemananya”..dalam hati ” betul jg he he”

Pada akhir pekan biasanya warga menghabiskan waktu berbelanja kebutuhan dan kulineran. Utk tempat itu ada Bascarsija kota tua mereka yg lengkap dgn toko toko dan pusat belanja serta pasar atau mal seperti Sarajevo City Center yg lbh modern berlantai 4.

Pilihan kami kali ini berakhir pekan adalah ke mal SCC itu. Mal berisi toko toko merk terkenal seperti layaknya mal di Indonesia. Cafe dan food court selalu ramai.

Warga sini suka berlama lama di cafe walau hanya pesan kopi secangkir dan pemilik cafe tetap melayani dgn baik tdk ada rasa tidak suka karena perilaku pelanggan yg begitu.

Saya sekeluarga akhirnya janjian dgn teman lainnya biar seru utk makan siang disana…Apalagi kalau bukan cari makanan Asia..yg jelas kita sdh kangen nasi. Pilihan ada di lantai atas ada resto Asian Food….” Ini dia yg saya cari”.

Kebayang lezatnya nasi dan aneka mi masakan Asia kala melangkahkan kaki masuk. Benar juga ada nasi briani..wuih ala Pakistan lg…dan ada olahan mi atau wok..kayaknya sedap.

Kemanapun Briani selalu jd favorit, karena nasi ini selalu jadi kejaran saya kala ditugaskan ke Chicago dulu. Saya selalu bela belain datang lebih awal kala shalat Jumat untuk mengejar makanan ini jgn sampai kehabisan. Kala itu menjelang sholat ada orang Pakistan yang menjual nasi briani ini dan selalu laris…kebayang sedihnya kalau telat ke jumatan ga kebagian nasi ini.

Menu Briani dan yg lainnya datang…alamak porsinya besar banget…” Wah ini porsi buat berdua” kata istri saya. Yah buat pelajaran nanti kalo pesen apa apa buat berdua saja…he he. Tapi semua makanan akhirnya habis jg.. khususnya saya dengan brianinya.

Setelah makan saya sempatkan untuk shalat…bener juga ternyata ada musholanya. Mushala berada di lantai 4 mengambil sudut di lokasi yg mudah di jangkau. Saat menuju mushola, sekelebat muncul 2 wanita Bosnia…cantik tentunya dgn pakaian modern blus dan celana panjang baru keluar dari mushala….

Mushala pria bagus ruangan nya dengan tempat wudhu yg bersih sementara untuk wanita agak kebelakang terpisah.
Lega rasanya sdh shalat..anak saya minta ke funland arena bermain anak anak. Kita kemudian kesana dan ada arena mandi bola dan anak saya merengek minta masuk.

Namun aturan disana sangat ketat utk arena mandi bola bahwa tinggi tdk boleh lbh 90 cm dan tdk lbh dari 9 tahun. Anak saya dan anak teman tidak bs masuk..kecewa banget raut mukanya..saya pikir kaya di tanah air bisa di nego asal bayar he he. Untunglah ada wahana lain seperti bola basket..bola kuda2an cukup menghibur anak anak kita akhirnya.. alhamdulilah.

Setelah ini ke mana?…teman saya menyarankan ke Car Free Day saja. CFD berada tidak jauh dari mal mengambil jalan di pinggir sungai Miljacka cukup panjang di mana warga bisa jogging sepatu roda sepeda dan naik becak yg di sewa. Kami tertarik naik becak ada yg berisi 4 orang utk di gowes. Harganya 20 KM untuk 30 menit..lumayan.

Di pinggir jalan banyak orang jual jagung bakar popcorn dan harum manis..kalau yg begini sama lah kayak di Indonesia…arena bermain anak anak jg tersedia mulai yg gratis hingga berbayar seperti jumping castle komedi putar ontang anting kayak di pasar malam.

Satu hal yg menarik pejalan kaki tdk kuatir kehausan keran air tersedia cukup banyak dan bisa diminum lsng. Sarajevo di kelilingi pegunungan yg memungkinkan air pegunungan bs dialirkan dan di minum. Saya juga mencoba memang dingin dan rasanya segar.

Sekian ceritanya moga berkenan

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.