Cerita Bosnia 12: Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2018

tahlil ibu

Buat saya hari kesaktian pancasila di Sarajevo memiliki makna yg dalam tidak saja karena seremonialnya lewat upacara yg dilakukan KBRI hari ini, namun karena dapat larut dalam suasana dan dekat dengan pelaku sejarah peristiwa pembunuhan 6 Jenderal di lubang buaya pada 1 hari sebelumnya.

Pelaku sejarah tidak lain adalah anak dari Jenderal Ahmad Yani yaitu Dubes kami sendiri Ibu Amelia Yani. Sebagai seorang anak dari Jenderal Besar Amad Yani, Ibu Amelia Yani selalu mengadakan dimanapun berada termasuk mengadakan acara tahlil di wisma KBRI yang juga kami hadiri. Ibu Dubes juga cerita dengan haru di balik cerita pembunuhan terhadap ayahnya tersebut. Dari cerita itu kami jg dapat merasakan suasana kebatinan dari seorang anak yang ditinggalkan ayahnya disamping ada raut kebanggaan dari peran ayah yang juga sebagai pahlawan revolusi yg memberikan bukti akan saktinya pancasila.

Teringat tulisan pada dinding monumen lubang buaya yang didirikan untuk mengenang kekejaman PKI, Pancasila tidak akan mati hanya dengan menguburkan jasad kami di lubang itu (sumur di lubang buaya).

Jenderal Ahmad Yani adalah salah satu dari 6 perwira tinggi yang dibunuh karena dinilai sebagai salah satu ancaman bagi rencana PKI dan menguburkannya di lubang buaya pada tanggal 30 september 1965.

Saat bersamaan KBRI juga kedatangan tamu istimewa dari BI dan BAZNAZ yang datang bertepatan dengan penerimaaan award dari GIFA pada tanggal 29 september dan mereka juga ikut dalam tahlilan dan berkirim doa bersama kepada Almarhum Jenderal Ahmad Yani.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.