Cerita Bosnia 26 : TRAVNIK Istambulnya Eropa

travnik

Kali ini saya menyambangi salah satu kota yg letaknya di jantung atau ditengah tengah negara Bosnia Herzegovina yaitu Travnik. Teman kami telah berbaik hati mau mengantarkan saya dan keluarga mengunjungi kota ini.

Kota ini adalah ibukota dari kanton Central Bosnia sbg bagian dari federasi Bosnia Herzegovina yg berarsitektur gabungan dari gaya Romawi kerajaan Bosnia Turki usmani dan Austro Hungaria sesuai perjalanan sejarah kota ini.

Kota ini berada di arah barat kota Sarajevo sejauh 73 km berada di jalur utama Zenica ke Jalce. Kota ini dikenal sebagai istambulnya eropa karena situs peninggalan Turki Usmani adalah yg paling lengkap.

Situs yg masih terlihat adalah kota tua (stari grad) Mesjid Hadzi Ali Begova dgn fountainnya dan menara jamnya (sahat kula) lalu mesjid ornamented sulayman Dzamija dan bentengnya atau stari grad castle.

Pada saat Turki Usmani berkuasa yakni sekitar abad 16 pada masa itu tjd perubahan drastis masuknya pengaruh Islam dgn banyaknya penduduk Muslim di daerah ini..

Tidak heran bila peninggalan Islam sangat kental dengan jumlah mesjid terbanyak mencapai 18 buah dalam 1 kota dan beberapa madrasahnya.

Kota ini awalnya berada dibawah kekuasaan romawi sebagai bagian dari Zenica pusat romawi kala itu….berganti hingga abad 15 kota ini mjd bagian kerajaan Bosnia pada masa Trvtko II dinasti Katromanic. Benteng awalnya dibangun pada masa kerajaan Bosnia ini sbg benteng pertahanan utk melindungi warganya.

Pada masa Turki Usmani benteng ini dikembangkan dan berhasil menpertahankan diri kala Bosnia di kepung Jenderal Savoy dari Austro Hungaria pada tahun 1699. Turki Usmani berhasil mempertahankan kota ini hingga 150 tahun setelah akhirnys dikuasai Austro Hungaria. Pada masa Austro Hungaria pengaruh barat dan industri mulai berkembang di kota ini.

Kami sempat mampir ke benteng dan saat itu salju cukup tebal. Dalam pintu masuk dikenakan tiket 3 km perorang untuk dpt menjelajahi benteng dan naik kepuncaknya. Dalam benteng terdapat museum berisi perjalanan sejarah kota Travnik dan benda benda bersejarah termasuk model pakaian kebesaran pada kerajaan Bosnia dan Turki Usmani.

Kotanya bersih dan di aliri sungai lasva yg merupakan anak sungai utk sungai bosna. Travnik berada pd ketinggian 500 m dpl dan di bentengi pegunungan vlasic di utara dan Vilenica di selatan..

Menyusuri kota tua terdapat aliran sungai jernih yang disebut plava voda (blue water) yg berasal dari batuan dan hutan di hulunya yg sangat terkenal ya berderet restoran memanfaatkan view aliran jernih berwarna biru sungai ini.

Di plava voda kami mampir di resto Lutvina kahfa memesan cevapi dgn sumon dan keju freshnya kajmak. Saya menyempatkan shalat di Sumeka Dzamija dekat resto, walaupun tdk begitu besar mesjid ini apik berada di kaki benteng kota tua.

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.