Cerita Bosnia 33: Shalat jumat di Mesjid Istiqlal Sarajevo

Sudah beberapa bulan di Bosnia, terus ada keinginan untuk bisa shalat jumat di Mesjid Istiqlal atau mesjid Soeharto yang terletak di otoka Sarajevo. Dari kantor tidak jauh sekitar 15 menit berkendara kearah kota baru.

Kesempatan shalat jumat akhirnya saya dapatkan setelah teman saya mengajak dan ada janjian untuk diskusi dengan imam mesjid tersebut. Jam 11 kamipun bergerak kesana berharap untuk dapat ngobrol terlebih dahulu dengan Imam dan kemudian lanjut shalat jumat.

Mesjid Istiqlal kebanggaan Bosnia ini di bangun oleh Indonesia sebagai gagasan dari Presiden Soeharto yang disampaikan kepada Presiden Bosnia Alja Izetbegovic pada tahun 1995 kala itu setelah mengetahui banyak tempat ibadah yang rusak karena perang.  Pembangunan Mesjid mengalami hambatan setelah lengsernya presiden Soeharto dan gagasan akhirnya dapat terealisir pada tahun 2001 dan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Melihat bangunan fisik mesjid memang megah berdiri diareal 2800 m2 dengan 2 minaret setinggi 48 meter dan kubah setinggi 28 meter. Areal mesjid juga berada di wilayah yang prestige dimana banyak gedung menjulang dan didepannya terdapat stadion indoor untuk olimpiade musim dingin pemuda untuk Eropa EYOF 2019 yang akan berlangsung pada tanggal 9-16 Februari 2019.

Mengikuti pelaksanaan shalat jumat tata caranya mirip dengan Indonesia seperti azan 2 kali dan bacaan bilal saat mengantar khotib naik mimbar. Jamaah kala itu cukup banyak ada sekitar 2500 jamaah penuh termasuk di lantai 2nya.

Peninggalan Indonesia tampak pada mimbar, ruang imam dan tiang yang dipenuhi ukiran jepara yang indah disitu tertera sumbangan dari Presiden Habibie. Dari pembicaraan Imam mesjid, bernama Ahmet Skopjak perlu ada dukungan Indonesia untuk menjadikan mesjid ini dikenal sebagai sumbangsih Indonesia kepada rakyat Bosnia dan Imam menunjuk beberapa dinding untuk di isi dengan gambar peta atau kaligrafi tentang Indonesia. Ruang pusatakanya juga membutuhkan beberapa buku mengenai Indonesia.

Demikian

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.