Cara hormon menjaga penyakit dan kesehatan tubuh

Seru juga dengar seorang dokter Agus  bercerita bahwa yang bikin sehat itu bukan obat tetapi prilaku dan sikap kita yang positif akan memacu hormon yang baik menjaga kesehatan kita.

Betul juga pendapat dokter ini sebab setiap saya dan istri periksa ke dokter selalu disebutkan bahwa penyakit dalam itu disebabkan faktor psikis 80 % dan faktor luar hanya 20 % pemicunya. Jadi jangan takut dengan makanan karena kolesterol hanya 20 % dan hati adalah 80%

Disebutkan terdapat 4 hormon didalam tubuh yaitu endorfin, kortisol, serotin, difamin dan oksitosin.

Endorfin akan berproduksi bila diri kita bahagia bersyukur ikhlash selalu menerima apa adanya berfungsi menghilangkan sakit dan nyeri dan endorfin mempunyai kadar morfin penenang 300 kali lebih ampuh.

Kortisol adalah hormon sebaliknya yang menyebabkan sakit,  organ dan tulang keropos, hormon ini berproduksi bila hati jengkel penuh dendam tidak punya maaf dan prilaku negatif lainnya

Serotin adalah hormon yang mendorong seseorang itu kreatif dan inovatif. Dofamin adalah hormon yang mendorong itu semangat dan Oksitosin yang mangajak pada diri untuk punya banyak kasih sayang kepada sesama.

Selain hormon satu hal lagi yang penting adalah berolahraga yang teratur terukur dan sesuai umur  yang dilakukan rutin sehingga dapat menjaga fisik tetap fit. Jangan terlalu serius menghadapi masalah perbanyak guyonan.

Prilaku lainnya yang sulit adalah 3 I yakni Intsropeksi  ikhlash  dan istiqomah selalu bergantung kepada Allah sebagai pemilik kekuatan dan daya hambaNya.

Pesan Dokter agus…Syukuri dan nikmati hidup ini

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.