Sikap sombong yang berpahala

Bersikap-sombong-dengan-orang-yang-sombong-adalah-sedekah

Benar apapun kesombongan itu adalah tidak baik, namun ada pendapat ulama menyatakan bahwa sifat sombong juga dapat berpahala bila sombong itu dilakukan dihadapan orang sombong.

Nah kenapa hal itu dikatakan demikian ?

berapa ulama menyatakan bahwa bila kesombongan orang sombong bila dibiarkan dia akan semena mena dan bila kita bersikap tawadhu dikuatirkan orang sombong itu tetap dalam kesesatan. Sikap sombong yang kita lakukan tidak lain diniatkan untuk membuat mereka sadar.

Seperti orang sombong yang menyombongkan harta dunia, walaupun kita tidak akan mampu menandinginya, namun diri kita akan sombong untuk tidak mudah di iming imingi harta olehnya karena yakin Allah maha kaya dan rezeki sudah diatur.  Kita dapat bilang bahwa harta orang yang sombong juga akan mudah lenyap bila Allah menghendaki.

Imam Safi’i secara jelas mendukung perbuatan sombong ini dilakukan kepada orang sombong kalau perlu dilakukan 2 kali. Begitu juga Imam Azuhri mengatakan bahwa bersikap sombong kepada orang yang bersikap sombong kepadamu, dengan hartanya, adalah salah satu bentuk ketawadhuan.

Ulama lain menyatakan bahwa sikap sombong kepada orang sombong itu dilakukan bukan untuk membanggakan diri. Ulama lainnya mengatakan bahwa sikap sombong kepada orang sombong adalah sedekah.

Jadi jelas tuntunannya dengan sikap sombong kepada orang sombong adalah untuk menunjukkan bahwa kita memiliki dignity dan tidak akan lemah terhadap mereka yang memiliki kekayaan dan berkuasa dan selalu Yakin Allah pemilik segalanya.

Dalam hal ini seorang muslim diajarkan untuk bersikap firm penuh percaya diri dan menghadapi siapapun sesuai porsi dan takarannya termasuk memperlakukan seseorang sesuai dengan apa yang diterima.

Bila seorang itu baik pasti diri kita terpanggil untuk baik lagi, bila seseorang itu kasar dan sombong kepada kita, maka perbuatan yang terpuji maka bersikaplah sombong juga kepadanya.

Wallahu a’lam

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.