3 sebab menangis yang bernilai tinggi

on

menangis karena Allah (2)

Menangis memang suatu yang lumrah sebagai perwujudan dari kehilangan kekecewaan penyesalan dan sebab lain yang menstimulir orang untuk menangis. Kala seseorang menangis terasa ringan beban di hati bila berhasil ditumpahkan dan bila menjumpai seseorang berada dalam keadaan begini biarkanlah untuk menangis.

Dalam tingkatan tertentu menangis juga tidak sembarangan ada 3 macam sebab menangis yang tinggi nilainya di mata Allah bila dilakukan seperti disampaikan oleh Ali bin Abi Thalib Ra

Ali bin Abi Talib berkata: Tangisan itu ada 3 macam :

  1. Tangisan karena takut akan azab Allah
  2. Tangisan karena takut murka Allah
  3. Tangisan karena takut akan terputusnya rahmat Allah.

Dalam uraiannya Ali bin Abi Talib menjelaskan bahwa menangis pada sebab pertama adalah akan menghapus dosa-dosa dan faedahnya akan membuahkan keselamatan dari siksa. Selanjutnya menangis karena sebab yang kedua adalah akan mensucikan aib-aib kita dan faedahnya akan membuahkan kenikmatan yang kekal dan derajat yang tinggi.

Sementara menangis karena sebab yang ketiga adalah akan mendekatkan diri pada ridha Allah dan faedahnya akan membuahkan balasan yang baik berupa ridha Nya, kenikmatan untuk dapat melihatNya, dikunjungi para malaikat, serta ditambahkan karunia dan kebaikan.

Dalam hal ini telitilah tangis kita lebih banyak di picu karena hal selain Allah atau sebab karena Allah seperti di ungkapkan oleh Ali bi Abi Talib Ra itu?

Wallahu a’lam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.