Mindset Kaya dan Sukses

Ini ada kisah menarik betapa tiap orang akan memiliki perbedaan dalam menerjemahkan suatu pesan bergantung dari sudut pandang (mindset) masing masing yang dimiliki setiap orang. Beginilah kisahnya:

Sebelum sang ayah menghembuskan nafas terakhirnya, ia memberikan pesan kepada kedua anaknya..
“anakku…dua pesan penting yg akan ayah sampaikan untuk keberhasilan hidupmu..
PERTAMA..jangan pernah menagih piutang kepada siapapun..
KEDUA…jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara langsung”
5 tahun berlalu, sang ibu menengok anak sulungnya dengan kondisi bisnisnya yg sangat memprihatinkan. Dan sang ibupun bertanya “wahai anak sulungku, kenapa kondisi bisnismu demikian?”
Si sulungpun menjawab “saya mengikuti pesan ayah bu..saya dilarang menagih piutang kepada siapapun sehingga banyak piutang yang tidak di bayar dan lama2 habislah modal saya..
Pesan yang kedua, ayah melarang saya untuk terkena matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi”
Kemudian sang ibu pergi ke si bungsu yang keadaannya jauh lebih sukses dalam menjalankan bisnisnya..
Sang ibupun bertanya ” wahai anak bungsuku, hidupmu sedemikian beruntung. Apa rahasianya?”
Si bungsu menjawab “ini karena saya mengikuti pesan ayah bu..
Pesan yg pertama saya di larang menagih piutang kepada siapapun, oleh karena itu saya tidak pernah memberikan hutang kpd siapapun sehingga modal saya tetap utuh..
Pesan kedua, saya dilarang kena matahari secara langsung maka dengan motor yg saya punya saya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari tenggelam. Sehingga para pelanggan tau toko saya buka lebih pagi dan tutup lebih sore..”
Si sulung dan sibungsu menerima pesan yg SAMA, namun masing2 memiliki penafsiran ato sudut pandang atau MINDSET yg berbeda..
Mereka melakukan cara yg berbeda sehingga mendapatkan hasil yg BERBEDA pula.
Mindset positif memberikan hasil menakjubkan…sementara mindset negatif memberikan hasil menghancurkan..
Semoga bermanfaat..

Wallahu a’lam