Kisah Nabi Ayub As 2: Ujian kehilangan anak

2418746

Nabi Ayub As menikah dengan siti Rahmah putri Afrayim bin Nabi Yusuf As dan dari pernikahan mereka Allah menganugerahi 12 orang anak dengan 8 diantaranya adalah putra dan 6 adalah putri.  Anak anaknya suka berkumpul dan pada suatu saat mereka berkumpul di rumah anaknya yang tertua yakni Hurmula.

Saat itu pasukan setan yang iri dengan nabi Ayub As menyerang mereka, menyekapnya dan melempari mereka, hingga semuanya meninggal dunia dalam satu meja makan. Diantara mereka ada yang meninggal tengah menyuap makanan dan adapula yang meninggal saat memegang gelas minuman.

Lagi lagi Iblis menghampiri Nabi Ayub As: “Hai Ayub, kenapa engkau tetap santai/tekun  beribadah kepada Allah, padahal Allah telah merobohkan rumahmu dan menimpa anak anakmu sehingga mereka binasa semuanya?.  Namun Ayub tidak menjawab sedikitpun, bahkan ia terus menyempurnakan shalatnya. Kemudian ucapnya : ‘segala puji bagi Allah yang telah memberiku dan menarik kembali semuanya dariku”.

“Hai makhluk terkutuk / iblis, ketahuilah bahwa seluruh harta dan anak anak adalah fitnah/ujian bagi pria maupun wanita, dan semua telah ditarik kembali oleh Allah SWT dari tanganku, hingga aku mampu bersabar dan tetap tekun beribadah kepada Tuhanku”. Dan lagi lagi Iblis pulang dengan penuh kecewa, merugi serta terkutuk.

Namun Iblis terus mengejar Ayub, lagi lagi ia datang sewaktu Nabi Ayub tengah melakukan shalat, bertepatan Ayub melakukan sujud, Iblis meniup hidung dan mulut, maka menggelembunglah tubuh Ayub dan banyak berpeluh, hingga badan terasa berat.

Sahut istrinya siti Rahmah: Derita sakitmu ini adalah akibat kesedihanmu memikirkan hartamu yang musnah, dan bencana yang menimpa anak anakmu, sedang kamu beribadah terus menerus di malam hari, siangnya berpuasa, tak kenal istrahat barang sesaatpun, lagipula kamu tak suka berhibur”

Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.