Vijećnica atau City Hall adalah sebuah bangunan kebanggaan dan iconic masyarakat Sarajevo yang terletak di pusat kota Sarajevo. Terletak di bagian timur kota tua bascarsija dan tepat sebelah kanan sungai Miljacka dari arah masuk the gate of Sarajevo.

Bangunan ini dirancang dan dibangun dari tahun 1892 hingga 1894 lewat arsitek Austria Alexander Wittek. Gaya arsitek yg diusung adalah Moorish design perpaduan gaya seni timur dan barat. Berbentuk segi enam dan ditengah terdapat kubah yang ditutup dgn mozaik kaca berwarna sehingga cahaya matahari dpt tembus kedalam.

Bangunan ini menjadi lambang supremasi Austro Hungaria saat berkuasa di Bosnia Herzegovina dgn dana mencapai 984.000 krone Austria-Hongaria utk pembangunannya.

Bangunannya sendiri baru dibuka secara resmi pada tanggal 20 April 1896 untuk pemerintah kota dan setelah perang dunia kedua tepatnya tahun 1949 gedung ini diserahkan kepada Perpustakaan Nasional dan Museum.

Gedung kebanggaan ini mengalami saat menyedihkan pada perang tahun 1992 dimana bangunan hancur dan 90 % koleksi pustaka di bakar.

Tepat 100 tahun pada tahun 1996 seusai konflik di Bosnia, di mulai rekonstruksi bangunan bersejarah ini dan butuh waktu 8 tahun proses penyelesaiannya dan dibuka kembali pada 9 Mei 2014.

Sesuai kesepakatan penggunaan gedung ini terbagi yaitu milik pemerintah kota city Sarajevo menempati lantai 2, pihak library atau museum menempati lantai pertama sekaligus ruang publik dimana beberapa acara penting termasuk pertunjukan seni diadakan di ruang ini. Memasuki gedung ini dan melihat Museum didalamnya di kenakan tiket 5 km atau 2.5 euro.

Gedung seperti terlihat saat ini menjadi monumen Sarajevo dan paling banyak diburu utk foto bagi wisatawan. Rencananya KBRI Sarajevo tgl 21 Februari 2019 ini akan menampilkan seni dan musik, promosi kopi dan fesyen di gedung megah ini.

Wallahu a’lam