Apa itu Nur Muhammad?

muhammad5

Menarik apa yang disampaikan oleh Dr Fahrudin Faiz dalam ceramah belajar tasawuf, penjelasan nur Muhammad ini sangat gamblang dan jelas. Menurutnya Nur Muhammad bermakna spiritual dan keberadaannya sudah ada sebelum manusia dan alam semesta diciptakan. Dan dengan ini menjadi jelas bila Muhammad memang sudah disebut jauh sebelum diturunkan para nabi utamanya nabi Adam.

Allah berfirman bahwa Muhammad adalah hamba yang sangat dicintainya atau kekasih Allah. Selanjutnya dengan nur Muhammad diciptakanlah seluruh alam sebagaimana

Firman Allah : Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (Al anbiya : 107)

Hal ini dikuatkan dalam hadis Qudsi: Kalau tidak engkau hai Muhammad, kalau tidak engkau hai Muhammad tidaklah kujadikan segala sesuatu.

Nur Muhammad juga berarti cahaya dan bila di analogikan dengan cahaya utama seperti matahari sebagai Tuhan maka cahaya matahari yang melimpah berupa lelehan cahaya utama itulah yang dinamakan Nur Muhammad. Dengan kata lain Nur Muhammad adalah pancaran yang paling bersinar setelah cahaya utama.

Sementara orang beriman mendapatkan cahaya tentulah dari lelehan lelehan kecil yang berasal dari cahaya Nur Muhammad yang kita tidak tahu dalam lapisan keberapa tergantung tingkat keimanan seseorang. Sekecil apapun cahaya harus dimiliki orang beriman untuk dapat terus mendapatkan lelehan cahaya yang lebih besar menuju nur muhammad.

Lelehan cahaya yang berasal dari Nur Muhammad inilah yang harus dimiliki setiap orang beriman. Seseorang yang banyak sisi rohaninya untuk selalu dekat kepada Allah sudah tentu memiliki cahaya yang terang, sebaliknya bila dia jauh kepada Allah maka cahayanyapun akan redup. Dalam surat Annur Allah berfirman:

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat per­umpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Mahamengetahui segala sesuatu. (QS. 24:35)

Manusia adalah masterpiece ciptaan Allah dan manusia yang sangat di cintai Allah tidak lain adalah Muhammad. Karena itu Nur Muhammad saw diciptakan Allah adalah sebagai rahmat Allah yang diberikan kepada semua ciptaannya termasuk manusia. Dan Rahmat yang diturunkan Allah dengan Nur Muhammad kejadiannya adalah berdimensi dahulu, kini dan akan datang yaitu sejak awal kejadian semua ciptaan termasuk penciptaan Adam As hingga hari pembalasan.

Ibnu Araby menyatakan : dia (Muhammad) adalah awal kejadian dan dia pula akhir kenabian, Muhammad saw bukan Tuhan dan bukan pula penjelmaan Tuhan dan dia makhluk ciptaan Tuhan, namun dia awal kejadian.

Sabda nabi kepada Jabir : Yang mula-mula diciptakan adalah nur nabimu, hai jabir (alhadis).

Sekali lagi dengan Nur Muhammad adalah berawal ciptaan Allah dan dengan Nur Muhammadiah rahmat kemudian diberikan oleh Allah kepada seluruh alam dan manusia sehingga tersingkaplah tabir rahasianya mengapa segala permohonan dan doa harus berwasilah kepada Muhammad Saw.

Lebih lanjut disampaikan diantara para Nabi, Dr Faiz menyatakan bahwa bobot Rohani yang tinggi dari Nabi Isa dalam mengemban tugasnya sebagai Rasul menjadikan Nabi Isa sebagai yang paling menonjol Nur Muhammad dalam dirinya bila ingin belajar dalam kisah para Nabi yang ada. Nabi Muhammad sendiri karena lebih banyak diturunkan untuk menjadi teladan menjadi figur atau sosok orang biasa yang sederhana dan bersahaja tidak sepenuhnya fokus pada nur muhammad didalam dirinya semata namun lebih banyak untuk kepentingan umatnya.

Wallahu a’lam

2 Comments Add yours

  1. masHP says:

    Sy juga suka dengan ceramah2 beliau di yutub.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.